Mengetahui Cara Mengobati Masuk Angin Pada Bayi Secara Alami

Masuk angin bisa terjadi pada siapa saja dan segala umur, tak terkecuali bayi. Banyak faktor yang menyebabkan masuk angin pada bayi diantaranya yaitu daya tahan tubuh yang masih lemah dan perubahan cuaca ekstrim. Kondisi tersebut tentunya akan membuat bayi menjadi rewel dan tidak nyaman. Maka dari itu dalam hal ini penting sekali bagi Anda untuk mengetahui cara mengobati masuk angin pada bayi dengan ramuan herbal.

Pada dasarnya masuk angin pada bayi ditandai dengan gejala perut kembung, rewel, demam, muntah dan feses lembek. Kondisi seperti ini sebaiknya segera ditangani dan jangan disepelekan sebab bisa menjadi indikasi awal terjadinya infeksi virus dan bakteri yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih serius.

Jika kondisi daya tahan tubuh si kecil bagus maka gejala masuk angin bisa hilang dengan sendirinya. Namun meskipun bagitu, sebaiknya gejala masuk angin segera ditangani dengan cepat supaya si kecil tidak rewel dan terganggu. Adapun cara alami untuk mengatasi masuk angin pada bayi yaitu sebagai berikut:

  • Bawang Merah

Salah satu ramuan herbal untuk mengatasi masuk angin yaitu menggunakan bawang merah. Perut kembung akibat masuk angin bisa diatasi dengan cepat menggunakan ramuan yang satu ini. Caranya sangat mudah sekali yaitu dengan menghaluskan bawang merah dengan parutan, lalu tambahkan minyak kelapa dan oleskan ramuan tersebut pada bagian perut, punggung, kaki dan tangan bayi. Bawang merah akan memberikan efek hangat sehingga secara perlahan mengurangi gejal masuk angin.

  • Mandi Rempah

Cara selanjutnya yaitu dengan mandi rempah. Langkah yang satu ini bisa diaplikasikan pada bayi usia 6 bulan keatas. Bahan yang digunakan diantaranya yaitu 2 buah cengkeh, 1 sdm daun teh, daun sereh, daun secang. Masukan semua ramuan tersebut ke dalam air hangat dan aduk hingga benar-benar tercampur. Gunakan untuk mandi sikecil.

  • Daun Jarak

Jika si kecil masuk angin dang mengalami perut kembung. Ramuan daun jarak kering bisa Anda gunakan untuk mengatasi gangguan tersebut. Adapun cara membuatnya yaitu dengan menghangatkan daun jarak kering dan tambahkan minyak telon. Tempelkan pada bagian perut si kecil beberapa menit. Anda bisa mengulangi proses ini berkali-kali untuk meredakan keluhan masuk angin pada bayi.

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masuk angin pada bayi. Apabila kondisinya tak kunjung membaik, segera bawa bayi Anda ke dokter untuk mendapat penanganan yang lebih baik sehingga bisa mengurangi gejala tersebut.

Masuk angin kadang diakibatkan oleh proses menyusui yang salah sehingga dalam hal ini Anda perlu mengetahui faktor penyebabnya. Selain itu, untuk mencegah masuk angin, sesuaikan pakaian yang digunakan bayi dengan kondisi cuaca. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This