Mengetahui Bagian Ginjal dan Fungsinya

Ginjal merupakan salah satu organ dalam yang keberadaanya sangat penting bagi tubuh. Fungsi utama dari ginjal yaitu untuk ekskresi/pembuangan zat-zat sisa metabolisme yang tidak diperlukan tubuh. Ginjal bekerja sama dengan hati dalam menyaring sisa-sisa metabolisme. Secara umum kinerja ginjal yaitu untuk menyaring darah dan proses pembentukan urin. Nah, pada kesempatan ini penulis akan memberikan ulasan singkat mengenai bagian-bagian ginjal dan fungsinya.

Keberadaan ginjal sangat penting dalam menunjang kehidupan sehari-hari. Penting sekali bagi kita untuk senantiasa menjaga organ tersebut supaya terhindar dari berbagai gangguan yang bisa berdampak buruk terhadap kesehatan. Jika fungsi ginjal mengalami gangguan maka akan berakibat terhadap kesehatan darah. Tanpa melalui proses penyaringan oleh ginjal maka sirkulasi darah ke seluruh tubuh cenderung lebih kotor. Hal ini tentunya akan mempengaruhi kesehatan dan menimbulkan berbagai penyakit.

Berikut Bagian Ginjal dan Fungsinya

  • Medulla

Bagian ginjal dan fungsinya yang pertama yaitu medulla. Bagian yang satu ini lebih dikenal dengan istilah susmsum ginjal. Medula merupakan tempat berkumpulnya pembuluh darah serta bagian kapsul bowman. Bagian ini berfungsi dalam proses reabsorpsi dan augmentasi. Yang mana proses tersebut dikerjakan oleh tubulus proksimal dan destal. Diantara kedua tubulus tersebut terdapat penghubung yang disebut dengan lengkung henle.

  • Korteks

Korteks terletak pada bagian antara kapsul ginjal dan medulla ginjal. Nah, fungsi dari korteks yaitu untuk melindungi ginjal. Kemudian di dalam korteks terdapat ribuan bahkan jutaan nefron yang terdiri dari badan Malpighi. Nefron pada badan korteks tersebut akan membuat permukaan kapiler pada ginjal menjadi lebih luas sehingga proses pengeluaran zat sisa menjadi lebih lancar.

  • Pelvis renalis

Rongga ginjal atau yang bisa disebut denganĀ  istilah pelvis renalis merupakan salah satu bagian pada ureter. Bagian tersebut melebar hingga ke proksimal. Letaknya yaitu di bagian sinus renalis dan menjadi permukaan ureter. Fungsi dari pelvis yaitu untuk menampung urin dan kemudian akan dialirkan menuju ke ureter. Urin dari rongga ginjal akan dialirkan menuju kandung kemih dan ureter. Selanjutnya ut=rin tersebut akan disimpan untuk sementara di dalam kandung kemih hingga akhirnya dikeluarkan.

  • Glomerulus

Bagian bagian dari ginjal yang selanjutnya yaitu glomerulus. Fungsinya yaitu untuk tempat penyaringan darah yang akan menyaring air, asam amino, garam, urea dan juga glukosa. Nah, setelah melewati proses tersebut akan menghasilkan urin primer.

  • Kapsul bowman

Merupakan kantong yang menyelimuti bagian glomerulus. Kapsul bowman memiliki fungsi terusan dari glomerulus dalam proses menyaring darah dari zat-zat yang tidak diperlukan tubuh.

  • Tubulus kontortus distal

Merupakan salah satu bagian pada ginjal yang berfungsi untuk melanjutkan proses penyaringan urin sekunder hingga akhirnya dikeluarkan dalam bentuk urin sesungguhnya.

  • Tubulus kolektivus

Bagian yang satu ini berperan penting dalam menampung urin untuk kemudian disalurkan ke bagian pelvis untuk menuju ke kandung kemih sebelum proses dikeluarkan dari tubuh.

Demikian beberapa bagian dari ginjal dan fungsinya. Jagalah kesehatan ginjal dengan senantiasa menerapkan pola hidup sehat dan hindari kebiasaan buruk seperti meminum alkohol. Hal ini karena kebiasaan tersebut akan memperberat kerja ginjal sehingga lebih mudah terjadi kerusakan.

Related Posts

Share This