Mengenali Tanda Hamil 2 Minggu Yang Mempengaruhi Secara Fisik

Pada dasarnya tanda hamil 2 minggu cukup mudah dideteksi karena gejalanya sangat lumrah dialami. Gejala hamil 2 minggu hampir sama dengan yang dialami pada periode sebelumnya di kehamilan usia 1 minggu. Hanya saja pada usia kehamilan 2 minggu, gejala secara fisik dan non fisik semakin jelas terasa sehingga Anda bisa benar-benar yakin sedang mengandung janin.

Dalam upaya untuk memastikan tanda tanda hamil 2 minggu yang Anda alami maka sebaiknya melakukan pemeriksaan secara medis. Dengan memastikan kehadiran janin pada usia 2 minggu maka Anda diharapkan bisa memberikan perhatian dan perawatan yang lebih teliti. Hal ini mengingat janin pada tahap awal membutuhkan perhatian ekstra untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Pada minggu kedua kehamilan, konsepsi memang belum terjadi, hanya saja tubuh sedang mempersiapkan kehadiran janin. Minggu pertama dan kedua akan terjadi proses penebalan uterus yang berfungsi untuk memberi makan janin saat berada dalam kandungan.

Disamping itu, ditandai dengan keluarnya hormone yang mengeluarkan telur dari folikel ovarium pada saat telur mulai matang. Proses selanjutnya telur akan masuk ke tuba falopi pada saat wanita sedangn berovulasi. Ketika hormone estrogen dan progesterone  bekerja, maka akan membuat suhu tubuh semakin meningkat.

Jika Anda ingin memastikan tanda kehamilan 2 minggu ini maka pergunakanlah thermometer basal dalam mengetahui perubahan suhu tubuh. Setelah mengetahui adanya tanda hamil 2 minggu maka sebaiknya Anda lebih memperhatikan kondisi kesehatan tubuh dan memperhatikan asupan nutrisi.

Tanda Hamil 2 Minggu Secara Umum

Untuk mencegah terjadinya keguguran dan hal-hal yang tidak diinginkan dalam kehamilan Anda, maka sebaiknya mengetahui tanda-tanda kehamilan 2 minggu secara umum. Pada dasarnya tanda hamil 2 minggu ini memiliki kemiripan dengan periode sebelumnya  yaitu pada minggu pertama. Gejala yang dirasakan hampir sama hanya saja semakin jelas dari segi perubahan fisik.

Morning Sickness

Tanda hamil 2 minggu yang mudah dikenali yaitu gejala morning sickness atau yang biasa dikenal dengan gejala ngidam. Pada umumnya semua wanita akan mengalami gejala ini pada awal kehamilan. Hanya saja tingkatannya berbeda-beda.

Gejala morning sickness seperti mual dan muntah bahkan disertai pusing akan sering dirasakan pada aal kehamilan sebagai gejala dari perubahan hormone. Meningkatkanya hormone kehamilan menjadi salah satu pemicu terhadap perubahan kondisi tubuh ibu hamil.

Namun setiap wanita akan mengalamigejala mual dan muntah dengan intensitas ringan dan bahkan parah sekalipun. Bahkan kondisi tersebut cenderung membuat ibu hamil rentan kekurangan nutrisi yang membahayakan kesehatan calon janin.

Sering Buang Air Kecil

Pada minggu pertama kehamilan, frekuensi buang air kecil akan meningkat. Begitupun memasuki minggu kedua kehamilan, gejala tersebut juga akan dirasakan oleh ibu hamil. Hal ini akibat tumbuh kembang janin yang semakin membesar sehingga memberikan tekanan pada kandung kemih. Dalam hal ini sebaiknya ibu hamil memperbanyak asupan cairan dalam upaya mencegah dehidrasi akibat sering kencing.

Adanya Bercak Darah

Bercak darah biasanya pada minggu kedua juga akan muncul. Anda tiak perlu khawatir karena kondisi tersebut merupakan bentuk dari proses pelekatan embrio terhadap rahim yang semakin menguat. Biasanya munculnya bercak darah juga disertai dengan kram perut. Gejalanya mungkin hampir menyerupai menstruasi.

Demikian beberapa tanda hamil 2 minggu yang sebaiknya Anda ketahui. Dengan mengetahui tanda-tanda tersebut maka Anda bisa lebih hati-hati untuk menjaga kesehatan supaya tumbuh kembang janin tidak terganggu.

Related Posts

Share This