Mengenali Perbedaan Jenis Karbohidrat dan Fungsinya Bagi Tubuh

Karbohidrat merupakan salah satu jenis nutrisi yang diperlukan tubuh untuk menghasilkan energi. Karbohidrat termasuk jenis nutris yang paling mudah untuk dijumpai pada makanan. Sebagai contohnya jenis makanan yang mengandung karbohidrat yaitu beras, gandum, kentang, singkong, ubi, jagung dan lain sebaginya. Adapun jenis karbohidrat terbagi menjadi dua kategori yaitu karbohidrat kompleks dan sederhana.

Karbohidrat sederhana pada dasarnya lebih mudah diserap oleh tubuh jika dibandingakn dengan kerbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu terlebih dahulu sebelum akhirnya bisa dicerna oleh tubuh. Secara umum, karbohidrat komplek sangat efektif untuk program diet karena tidak menyebabkan kenaikan berat badan.

Mengapa tubuh kita perlu asupan karbohidrat? Hal ini karena karbohidrat memegang peranan penting dalam menunjang kesehatan secara keseluruhan. Seperti yang kita ketahui bahwa kerbohidrat adalah salah satu makro nutrisi yang dibutuhkan tubuh bersamaan dengan lemak dan protein.

Nutrisi yang satu ini menyediakan hampir sebagian besar enersi yang diperlukan ioleh tubuh. Bahkan karbohidrat memegang peranan yang sangat penting dalam proses metabolisme lemak dan protein. Keberadaan karbohidrat memang sangat diperlukan oleh tubuh.

Semakin banyak aktivitas fisik yang Anda lakukan maka kebutuhan karbohidrat senakin meningkat. Hal ini terkait dengan energi yang Anda gunakan dalam beraktivitas. Idealnya karbohidrat harus berkontribusi sekitar 50 hingga 60% diet harian.

Karbohidrat Kompleks vs Sederhana

Perbedaan yang paling mendasar dari kadua jenis karbohidrat yaitu terletak pada struktur kimia. Nah, perbedaan tersebut yang menentukan seberapa cepat jenis karbohidrattersebut dicerna oleh tubuh. lalu apa lagi perbedaannya?

Karbohidrat sederhana tersusun atas satu atau dua gula, sedangkan karbohidrat kompleks tersusun atas tiga bahkan lebih gula. Adapun contoh untuk karbohidrat tunggal yaitu galaktosa, glukosa dan lain-lain. Sedangkan karbohidrat dengan dua gula yaitu laktosa, sukrosa dan lain sebagainya.

Sebutan untuk karbohidrat sederhana dengan gula tunggal yaitu monosakarida dan karbohidrat dua unit gula dikenal dengan istilah disakarida. Untuk karbohidrat kompleks biasanya dikenal dengan istilah oligosakarida atau polisakarida.

Jenis makanan yang mengadnung karbohidrat sederhana yaitu gula jagung, gula pasir, produk susu dan lain-lain. Untuk karbohidrat kompleks terdpat didalam jenis makanan berserat seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian.

Karbohidrat sederhana akan dengan mudah diserap tubuh, sedangkan karbohidrat kompleks akan tinggal didalam aliran darah dalam waktu yang lama. Menurut riset menunjukan bahwa makanan dengan karbohidrat kompleks dinilai lebih baik karena mengandung nutrisi lain seperti serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Karbohidrat kompleks memang sangat direkomendasikan karena lebih baik jika dibandingkan dnegan karbohidrat sederhana. Bahkan karbohidrat komplek memegang peranan penting untuk keseimbangan kadar gula darah dan menjaga insulin.

Nah, demikian selintas mengenai perbedaan karbohidrat kompleks, sederhana beserta dnegan fungsinya bagi Tubuh. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This