Mengenali Penyebab Janin Tidak Berkembang Di Dalam Kandungan

Penyebab janin tidak berkembang. Selama masa kehamilan, penting bagi Anda untuk memperhatikan kesehatan tubuh serta janin yang ada di dalam kandungan Anda guna menunjang tumbuh kembang janin selama masih ada di dalam kandungan. Proses pemeriksaan yang di lakukan secara teratur terkait perkembangan janin dari awal kehamilan sampai menjelang masa persalinan sangatlah penting, hal ini dilakukan guna menghindari hilangnya denyut jantung janin yang memangtidak mengalami perkembangan yang baik. Nah, berikut ini beberapa penjelasan mengenai janin yang tidak berkembang serta penyebab janin tidak berkembang.

Keadaan janin yang tidak berkembang hanya bisa terdeteksi ketika Anda tengah melakukan pemeriksaan dengan menggunakan alat Ultrasonografi atau USG. Sehingga ketika Anda menjalankan masa kehamilan, Anda sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan USG di usia kehamilan trimester pertama guna menghindari resiko terjadinya janin tidak berkembang. Bahkan pada beberapa kasus banyak juga ditemukan keadaan janin yang tidak berkembang sampai usia kehamilan 5 atau 5 bulan.

Lantas, apa penyebab janin tidak berkembang? Berikut ini ada beberapa penyebab mengapa janin tidak berkembang di dalam kandungan, yaitu sebagai berikut:

  1. Genetik

Salah satu penyebab utama terjadinya janin yang tidak berkembang yaitu faktor genetic. Walaupun bukan faktor dari keturunan yang memang erat hubungannya dengan riwayat keluarga, namun hal ini merupakan faktor sperma atau bahkan sel telur yang tidak begitu baik, sehingga perkembangannya tidaklah sempurna. Bahkan hal ini juga bisa mengarah pada blighted ovum atau kehamilan kosong yang bisa terjadi secara berulang. Sehingga sangat penting untuk Anda bisa memperhatikan kuantitas serta kualitas seperma serta sel telur.

  1. Infeksi Torch

Penyebab janin tidak berkembang juga bisa di sebabkan oleh adanya infeksi yang terjadi karena mikroorganisme seperti Cito Megalo Virus (CMV), Rubella atau bahkan Toksoplasma bahkan herpes simplex I dan simplek II yang memang bisa menyerang imunitas yang ada di dalam tubuh kita. Sehingga sangat penting bagi Anda yang saat ini tengah merencanakan kehamilan guna melakukan proses pemeriksaan terlebih dahulu agar kondisi ibu lebih membaik.

  1. ACA (Anticardiolipin ) atau Pembekuan

Hal lainnya juga karena adanya faktor pembekuan atau bahkan penyumbatan di bagian pembuluh darah yang memang bisa menyebabkan pertumbuhan janin menjadi terhenti, sehingga faktor pembekuan ini nantinya bisa mengakibatkan janin yang tidak berkembang.

Penyebab terjadinya ACA ini akan sangat tergantung terhadap sistem imun yang ada di dalam tubuh kita. Bahkan pada beberapa kasus yang menderita ACA, misalkan di dalam satu keluarga ada yang memiliki dua orang anak, dimana jika anak pertamanya merupakan penderita ACA, maka kemungkinan besar anak kedua atau bahkan selanjutnya juga akan memiliki ACA.

Nah, itulah beberapa penyebab janin yang tidak berkembang yang memang harus Anda ketahui juga pahami. Maka dari itu, agar janin yang ada di dalam kandungan bisa berkembang dengan baik, maka Anda harus memenuhi setiap kebutuhan nutrisi yang di butuhkan janin di dalam kandungan  serta rutinlah memeriksakan kandungan Anda kepada dokter.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517