Mengenali Gejala Alergi Susu Sapi Pada Bayi

Dalam penelitian yang telah di lakukan di sejumlah Negara menyebutkan bahwa alergi susu sapi pada bayi telah di alami sebanyak 2% bayi di tahun pertama kehidupannya di dunia. Bahkan ada sekitar 1-7% bayi yang menderita alergi susu sapi pada bayi mengalami alergi terhadap protein yang ada di dalam susu kemasan tersebut.

Perlu bunda ketahui, bahwa bayi memiliki sistem imun yang sangat masih imatur dan juga sangat rentan. Alergi susu pada bayi bisa saja terjadi ketika sistem imun si kecil menyadari atau bahkan beranggapan kalau kandungan protein yang ada di dalam susu sapi sebagai zat-zat yang dapat membahayakan keadaan tubuhnya. Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh si kecil akan melawan protein yang terkandung di dalam susu sapi, sehingga gejala terjadinya alergi susu sapi pada bayi akan muncul.

Jika si kecil mengalami alergi susu sapi, maka sebaiknya bunda bisa memahami dan mengenali gejala atau ciri-ciri alergi susu sapi pada bayi. Biasanya gejala yang akan di alami si kecil ketika mengalami alergi yaitu adanya gangguan pada kulit, saluran pencernaan, serta saluran pernapasan. Nah, berikut ini ada 3 pola klinis alergi terhadap protein yang terkandung di dalam susu sapi, yaitu sebagai berikut:

  1. Reaksi cepat

Gejala akan terlihat dalam waktu 45 menit setelah si kecil mengkonsumsi susu sapi. Bunda harus mewaspadai ketika munculnya bintik-bintik merah atau gatal-gatal pada kulit bayi. Hal ini juga bisa terjadi ketika adanya gangguan terhadap sistem saluran pernapasan, misalkan seperti napas yang berbunyi “ngik”, bersin-bersin, serta mata yang gatal juga berubah menjadi merah.

  1. Reaksi sedang

Gejala adanya alergi susu sapi akan terlihat ketika 45 menit sampai 20 jam setelah si kecil mengkonsumsi susu sapi. Dan gejala yang kerap kali muncul pada masa ini yaitu muntah bahkan diare.

  1. Reaksi lambat

Gejala akan mulai terlihat setelah 20 jam setelah bayi mengkonsumsi susu sapi atau susu formula. Dan ciri-ciri yang kerap kali muncul yaitu adanya diare yang di alami si kecil, konstipasi atau sulitnya buang air besar, bahkan dermatitis atau adanya gangguan terhadap kulit.

Penting untuk bunda ketahui! Bahwa si kecil yang mengalami alergi susu sapi pada bayi biasanya akan mengalami alergi terhadap beberapa jenis makanan lainnya. Oleh karena itu, sebisa mungkin sebaiknya bunda menghindari beberapa jenis makanan yang bisa menimbulkan alergi terhadap anak. Misalkan seperti telur, berbagai jenis buah-buahan tertentu, makanan yang memiliki bahan dasar susu sapi, kacang-kacangan, serta ikan laut. Akan tetapi, bayi yang memiliki alergi terhadap susu sapi belum tentu alergi terhadap daging sapi. Selain itu, sebaiknya bunda selalu mengkonsultasikan setiap perkembangan si ekcil kepada dokter anak.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517