Mengenal Tanda – tanda Penyakit Ginjal dan Penanganannya

Penyakit pada ginjal tergolong salah satu gangguan kesehatan paling berbahaya dan bisa berujung kematian. Seperti yang kita ketahui bahwa ginjal termasuk salah satu organ vital didalam tubuh yang berperan penting dalam proses penyaringan darah dari zat-zat berbahaya bagi tubuh.

Ginjal sangat penting dalam menuunjang kinerja organ vital lainnya. Setiap manusia memiliki 2 buah ginjal. Akan tetapi pada dasarnya satu ginjal saja sudah mampu untuk menjalankan kebutuhan sehari-hari di dalam tubuh. Namun, dalam hal ini 2 buah ginjal sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya kerusakan yang bisa berakibat fatal terhadap kesehatan tubuh yang lainnya.

Fungsi ginjal yaitu sebagai organ sekresi untuk mengeluarkan dan menyaring sisa-sisa metabolisme yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh. Sisa-sisa metabolisme tersebut biasanya akan dikeluarkan dalam bentuk air seni. Jika ginjal terganggu maka akan mengakibatkan keseimbangan cairan tubuh terganggu sehingga berakibat fatal terhadap kondisi kesehatan lainnya.

Penyakit atau gangguan pada ginjal bisa berupa infeksi pada saluran kemih ataupun kelainan lain. Bahkan penyakit ginjal bisa diakibatkan oleh komplikasi dari penyakit lain seperti diabetes atau kencing manis. Dalam hal ini penting sekali untuk senantiasa memeriksa kesehatan ginjal untuk mendeteksi kelainan sedini mungkin sehingga bisa dilakukan penanganan dengan lebih baik.

Penting sekali bagi Anda untuk mengetahui tanda tanda penyakit ginjal sejak dini sehingga bisa dilakukan penanganan lebih cepat. Salah satu tanda penyakit ginjal yaitu gatal pada kulit. Hal ini terjadi karena proses pembuangan sisa metabolisme tidak berjalan dengan baik sehingga pada akhirnya kotoran tersebut menumpuk dan menyebabkan gatal di kulit. Jika digaruk maka akan meninggalkan luka dan berdarah.

Ciri ciri penyakit ginjal yang selanjutnya yaitu terjadi pembengkakan di beberapa bagian tubuh dan bahkan di seluruh tubuh. Biasanya pembengkakan tersebut terjadi di sekitar kaki dan tangan. Hal ini terjadi akibat fungsi ginjal terhambat untuk membuang cairan sisa metabolisme hingga pada akhirnya terjadi penumpukan.

Penumpukan cairan tersebut juga bisa mengakibatkan hambatan pada saluran paru-paru. Selain itu, produksi sel darah merah yang bertugas membawa oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh tubuh akan terhambat. Dengan kata lain penderita ginjal mengalami penyakit anemia dan sesak nafas.

Akibat fungsi ginjal tidak berfungsi dengan baik maka hal ini menyebabkan sel darah merah berkurang. Hal ini karena secara tidak langsung ginjal ikut berperan dalam proses penyaringan darah. Ketika fungsinya rusak maka aliran darah ke seluruh tubuh sedikit terhambat.

Penyakit ginjal bisa dicegah sejak dini dengan menerapkan pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan bergizi, menghindari kebiasaan merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, minuman bersoda dan obat-obatan. Selain itu, untuk mencegah penyakit ginjal sebaiknya Anda rutin untuk mengkonsumsi air putih minimal 2 liter setiap hari.

Related Posts

Share This