Mengenal Tanaman Kailan dan Manfaatnya Untuk Ibu Hamil

Tanaman kailan tergolong salah satu jenis sayuran yang termasuk kedalam spesies sejenis kembang kol atau brokoli. Kailan adalah sayuran berdaun hijau, mengkilap, datar dan tebal. Batang sayuran ini cukup tebal dan terdapat sejumlah bung-bunga kecil. Biasanya kailan dijadikan olahan tumisan dengan campuran daging ayam.

Tanaman ini dianggap sebagai salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan nutrisi cukup tinggi yaitu diantaranya vitamin C, vitamin K, betakaroten, lutein, kalsium dan zeaxanthin. Kailan terkenal dengan fungsinya sebagai antioksidan dan anti-imflamasi untuk kesehatan tubuh. selain itu, kailan juga mengandung vitamin C dan vitamin A.

Membantu Pertumbuhan Janin

Salah satu manfaat Kailan untuk ibu hamil yaitu menunjang tumbuh kembang janin di dalam kandungn. Hal ini karena sayur kailan mengandung banyak nutrisi untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan janin dengan adanya kandungan vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya.

Produksi ASI

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi seperti kailan maka sangat berguna dalam emmicu produksi air susu. Hal ini sangat dianjurkan bagi ibu hamil dalam upaya untuk mempersiapkan proses menyusui setelah melahirkan.

Mengoptimalkan Perkembangan Syaraf

Sistem saraf merupakan salah satu bagian paling penting dalam mengkoordinasi seluruh kinerja organ tubuh. Jika perkembangan saraf terganggu maka hal ini akan berdampak terhadap fungsi organ yang lainnya. Maka dari itu, konsumsi makanan yang menunjang pembentukan sistem saraf selama hamil sangat dianjurkan.

Menjaga Kesehatan Tulang

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan maka ibu hamil seringkali mengalami keluhan nyeri pada beberapa bagian persendian. Nah, untuk mengatasi hal tersebut dan emnjaga kesehatan tulang maka konsumsi kailan sangat dianjurkan. Hal ini karena jenis sayuran yang satu ini mengandung posfor dan kalsium cukup tinggi.

Memperlancar Sirkulasi Darah

Sirkulasi darah selama hamil memang sangat penting untuk menunjang pertumbuhan janin. Bagaimanapun darah adlah salah satu media untuk mengalirkan oksigen dan nutrisi bagi janin sehinga perlu dijaga dengan baik. Dengan mengkonsumsi sayur kailan maka akan membantu proses tersebut supaya berjalan optimal.

Mengoptimalkan Perkembangan Otak Janin

Kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral pada sayur kailan memiliki peran yang sangat penting sebagai antioksidan yang berguna dalam meningkatkan perkembangan otak dan menjaga fungsinya dengan baik. Antioksidan akan menghindarkan otak ari kerusakan sehingga bisa berkembang dnegan baik.

Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan antioksidan dan beberapa nutrisi penting lainnya yang terdapat pada sayur kailan berguna untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Hal ini karena nutrisi tersebut berperan penting dalam meningkatkan sistem imun tubuh.

Mencegah Anemia

Anemia merupakan salah satu jenis penyakit yang rentan terjadi pada ibu hamil. Kandungan zat besi pada sayur kailan berguna untuk menghindarkan gejala dan resiko anemia pada ibu hamil sehingga pertumbuhan janin tidak akan mengalami gangguan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517