Mengenal Penyebab Stres dan Ciri-cirinya

Stres merupakan respon atau reaksi dari suatu tekanan. Seiring dengan berjalannya waktu, pada zaman modern seperti saat ini tekanan hidup kian keras. Kondisi tersebut tidak jarang menyebabkan sebagian orang mengalami stres. Penyebab stres tentunya sangat beragam, baik itu karena tekanan pekerjaan, tidak terpenuhinya kebutuhan sehari-hari ataupun beban hidup lainnya.

Apabila stres tidak segera diatasi maka hal ini sangat beresiko menyebabkan depresi atu kondisi psikis yang lebih parah. Namun, sebelum Anda mengetahui cara untuk mengatasi stres, alangkah lebih baiknya apabila mengenali terlabih dahulu faktor penyebab stres sehingga dengan begitu akan memudahkan Anda untuk mencari solusi yang tepat.

Penyebab Stres

  1. Tekanan kerja

Salah satu penyebab stres yang mungkin terjadi pada Anda yaitu akibat dari banyaknya tekanan di tempat kerja. Banyak hal yang menjadi pemicunya baik itu yang berasal dari rekan kerja ataupun dari atasan. Selain itu, pemicu lainnya yaitu akibat rasa bosan yang melanda sehingga lingkungan kerja tidak lagi menyenangkan bagi Anda.

  1. Masalah finansial

Faktor ekonomi menjadi permasalahan yang signifikan dalam memicu timbulnya stres. Mungkin Anda sering mendengar berita di berbagai media tentang kasus bunuh diri akibat himpitan ekonomi. Banyak hal yang bisa diakibatkan oleh permasalahan ekonomi sehingga menyebabkan seseorang tertekan dan berbuat nekat.

  1. Penyakit

Seseorang yang menderita penyakit tertentu dan sulit sekali untuk disembuhkan kemungkinan akan mengalami stres. Mengapa bisa demikian? Hal ini terkait dengan biaya pengobatan yang sudah dikeluarkan namun tidak membuahkan hasil seperti yang diinginkan sehingga berujung stres dan tertekan.

  1. Kegagalan

Sebagian dari Anda mungkin terobsesi untuk mendapatkan/mewujudkan impian. Namun dalam prosesnya tentu membutuhkan waktu dan usaha yang keras. Ketika impian tersebut sangat sulit untuk dicapai dan Anda tidak memiliki mental yang kuat maka hal ini sangat rentan mengakibatkan stres yang mengancam kesehatan fisik serta psikis.

  1. Kondisi fisik dan psikis

Kondisi kejiwaan menjadi salah satu pemicu stres. Biasanya orang yang pemalu sangat rentan mengalami stres ketika harus menghadapi lingkungan baru dan bertemu dengan orang baru. Terlebih lagi jika menemui kondisi yang melemahkan rasa percaya dirinya.

Ciri-ciri Stres

  • Insomnia

Ciri-ciri stres yang pertama yaitu insomnia atau kesulitan tidur pada malam hari. Orang yang stres cenderung tidak memiliki ketenangan sehingga selalu terlihat gelisah. Kondisi tersebut tentunya akan berdampak terhadap kesehatan fisik dan psikisnya.

  • Rambut rontok dalam jumlah tidak wajar

Rambut rontok memang wajar jika terjadi hanya beberapa helai dan tidak berlebihan. Namun jika hal tersebut sudah terlihat tidak wajar bisa menjadi salah satu indikasi bahwa tingkat stres yang Anda alami cukup parah.

  • Mudah lupa

Stres akan menghambat tingkat konsentrasi seseorang. Dalam hal ini cenderung menjadi seorang yang pelupa akibat kemampuan otak yang menurun.  Stres yang berkepanjangan sangat beresiko mengakibatkan penyakit alzheimer.

  • Menurunnya sistem imun

Kecemasan yang berlebih akan berpengaruh terhadap kesehatan fisik. Orang yang lebih banyak tekanan dalam kehidupan cenderung akan lebih mudah sakit akibat dari sistem imun melemah. Maka dari itu penting sekali untuk mengendalikan stres supaya tidak berakibat fatal terhadap kesehatan.

Itulah penjelasan singkat mengenai penyebab stress dan ciri-ciri nya. Sebisa mungkin Anda harus menghindari hal-hal yang menyebabkan stres untuk menunjang kehidupan yang normal dan sehat secara fisik maupun psikis.

Related Posts

Share This