Mengenal Menu Diet Ibu Menyusui

Diet ibu menyusui. Tidak sedikit para wanita yang baru melahirkan bertanya, apakah menyusui bisa mempengaruhi pola makan? Namun sebaiknya, ketika Anda menyusui, Anda tidak perlu melakukan perubahan yang besar dengan apa yang Anda makan atau bahkan Anda minum ketika Anda tengah menyusui, walaupun ada beberapa pertimbangan yang sangat penting guna diingat agar kesehatan Anda tetap terjaga dengan baik. Bahkan ada beberapa diantaranya ibu menyusui yang menginginkan berat badan yang ideal setelah mereka menjalankan proses persalinan, dan pastinya hal ini harus benar-benar di pertimbangkan. Lantas, apakah diet ibu menyusui di perbolehkan?

Salah satu rencana terbaik guna menurunkan berat badan setelah kehamilan yaitu dengan cara yang bertahap. Dimisalkan, Anda merencanakan memperoleh berat badan yang ideal dalam kisaran waktu 10-12 bulan. Dan hal ini bisa membuat Anda tetap bisa menjalani peranan sebagai seorang ibu menyusui yang memang tetap mendukung gizi yang baik untuk kesehatan si kecil. Bahkan ketika Anda menyusui dan Anda ingin menurunkan berat badan secara bertahap, maka Anda bisa memilih menu diet ibu menyusui.

Ingat! Anda jangan pernah coba-coba untuk melakukan diet atau menurunkan berat badan setidaknya dua bulan setelah si kecil lahir. Diet rendah kalori dalam beberapa bulan pertama bisa membuat diri Anda menjadi kehilangan energi serta mengurangi produksi ASI Anda. Sedangkan jika Anda mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, maka Anda bisa melakukan program untuk menurunkan berat badan, dengan catatan sebelum melakukannya Anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Nah, di bawah ini ada beberapa menu diet untuk ibu menyusui yang aman jika di lakukan dalam waktu yang bertahap, yaitu sebagai berikut:

  1. Beras Merah

Beras merah merupakan salah satu alternative bagi Anda ibu hamil yang ingin menurunkan berat badan, karena kandungan karbohidrat kompleks yang ada did alam beras merah mampu mencukupi serta serta rendah gula untuk tubuh Anda. Bukan hanya beras merah, Anda juga bisa memilih roti gandum sebagai alternative menurunkan berat badan.

  1. Daging Sapi Rendah Lemak

Biasanya bagi Anda yang tengah menurunkan berat badan, Anda akan menghindari untuk mengkonsumsi daging. Padahal daging ini merupakan salah satu sumber nutrisi yang penting guna perkembangan si kecil. Anda bisa mengkonsumsi daging yang rendah akan lemak, dan hal ini nantinya mampu membakar kalori yang lebih banyak.

  1. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang mengandung serat, alpha lipoic serta glutathione yang mampu menyediakan kalori untuk kebutuhan tubuh Anda. Bukan hanya itu, Anda juga bisa menjadikan bayam sebagai cemilan Anda. Bukan hanya itu, makanan ini juga mampu memberikan nutrisi yang tepat guna kebutuhan tubuh Anda serta kesehatan si kecil yang masih menyusu kepada Anda.

  1. Air mineral

Dengan mengkonsumsi air mineral dalam jumlah yang cukup, maka dapat membantu Anda dalam menjalankan program diet ketika Anda tengah menyusui. Dengan mengkonsumsi secara teratur, maka hal ini mampu membuat Anda mengontrol nafsu makan. Bukan hanya itu, air mineral juga bisa meningkatkan energi ketika Anda tengah menyusui.

Related Posts

Share This