Mengenal Manfaat Vitamin B12 Untuk Kesehatan Tubuh

Pada dasarnya setiap manusia akan melewati tahap pertumbuhan dari masa ke masa. Kebutuhan nutrisi untuk melewati tahapan tersebut sangat beragam. Bahkan nutrisi dibutuhkan sejak janin berada dalam kandungan untuk menunjang tumbuh kembangnya. Adapun kebutuhan nutrisi saat bayi, anak-anak, usia remaja dan memasuki masa tua tentunya sangat berbeda. Mencukupi asupan nutrisi untuk tubuh merupakan hal mutlak yang harus dilakukan supaya kinerja organ tubuh berfungsi dengan baik. Nah, berbicara masalah nutrisi untuk tubuh, pada kesempatan ini penulis akan sedikit mengulas manfaat vitamin B12.

Vitamin B12 memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting untuk tubuh. Vitamin B12 adalah salah satu jenis vitamin yang termasuk ke dalam jajaran vitamin yang meliputi vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K dan vitamin D serta jenis lainya. Adapun sumber vitamin B12 bisa Anda jumpai pada makanan seperti kerang, ikan, telur dan daging.

Tubuh memang tidak memerlukan vitamin dalam jumlah yang banyak. Namun kekurangan asupan vitamin bisa menyebabkan fungsi tubuh tidak bekerja secara maksimal dan memicu munculnya berbagai penyakit yang membahayakan kesehatan. Lalu apa saja manfaat viotamin B12 untuk kesehatan tubuh?

Nah, Berikut Ini Beberapa Manfaat Vitamin B12 Untuk Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

  1. Mengontrol Kadar Kolesterol Tubuh

Penyakit jantung dan gagal ginjal merupakan salah satu dampak dari kadar kolesterol yang tidak terkontrol di dalam tubuh. Nah, asupan vitamin B12 bisa membantu mengontrol kadar kolesterol sehingga menghindarkan Anda dari resiko penyakit berbahaya tersebut.

  1. Mencegah Alzheimer

Resiko Alzheimer identik terjadi ketika usia sudah beranjak tua, namun bukan tidak mungkin jika penyakit yang satu ini juga terjadi lebih dini. Dalam hal ini vitamin B12 memiliki peran yang sangat penting untuk mencegah timbulnya Alzheimer dini.

  1. Mengatasi Kelelahan

Padatnya aktivitas harian sudah tentu akan membuat tubuh terasa lelah. Namun jika Anda selalu memperhatikan asupan vitamin B12 maka kondisi tersebut bisa diminimalisir.

  1. Mencegah Kanker payudara

Kabar baik bagi wanita supaya terhindar dari resiko penyakit kanker payudara yaitu dengan mencukupi asupan makanan yang mengandung vitamin B12. Jenis vitamin ini bisa menghambat pertumbuhan sel kanker.

  1. Menutrisi Rambut

Penuhi kebutuhan vitamin B12 untuk mencegah rambut rontok dan senantiasa memelihara kesehatannya. Bahkan jenis vitamin ini berguna untuk mempertahankan kilau rambut Anda.

  1. Kesehatan Otak

Seiring pertambahan usia, kemampuan otak dalam mengingat sesuatu akan berkurang. Nah, untuk mempertahankan daya ingat seiring dengan bertambahya usia maka penuhi kebutuhan vitamin B12 sejak dini.

  1. Kesehatan Kulit

Manfaat lain dari vitamin B12 yaitu menjaga kesehatan kulit sehingga terhindar dari kulit kering, kusam serta berbagai masalah kulit yang lainnya.

Related Posts

Share This