Mengenal Lebih Jauh Gejala Dan Penyebab Demam Berdarah

Demam berdara tauah di sebut juga dengan demam dengue merupakan salah satu bentuk penyakit yang diakibatkan oleh infeksi virus yang bernama dengue, yang mana ditularkan langsung melalui nyamuk Aedes, terutama Aedes aegypti betina.

Nyamuk jenis ini umumnya mampu menularkan virus yang berada di dalam air liurnya dengan cara mengigit manusia ketika di siang hari, setelah itu, air liur yang memiliki virus dengue akan menyebar ke seluruh jaringan tubuh, yang mana mengakibatkan sejumlah sel darah putih akan memproduksi banyak protein guna menimbukan gejala demam berdarah.

Gejala Demam Berdarah

Nah, guna memahami gejala awal demam berdarah sebenarnya tidaklah mudah, karena ternyata banyak juga jenis infeksi virus yang mana bukan dengue yang gejalanya cukup sama, misalkan seperti demam atau bahkan panas selama beberapa hari saja. Sementara itu, infeksi berat yang muncul karena infeksi virus dengue akan pastinya akan menimbulkan banyak sinyal dari dalam tubuh, yang memang terjadi secara tiba-tiba, seperti sakit kepala, nyeri di bagian otot atau bahkan sendi, serta adanya ruam di bagian kulit.

Di fase awal, umumnya si penderita akan mengalami demam yang memang suhunya sangat tinggi, panas badan yang mencapai 40 derajat celcius atau bahkan 104 derajat Fahrenheit. Setelah itu, orang yang menderita demam berdarah akan merasakan sakit di bagian kepala yang berlangsung selama 2-7 hari. Di fase ini, biasanya gejala yang muncul juga disertai dengan adanya ruam di bagian kulit.

Demam tinggi yang memang di rasakan oleh penderita nantinya akan mereda setelah penderita memasuki fase kritis yang memang berlangsung selama 2 hari. Di fase ini, cairan bisa menumpuk di dada juga abdomen yang memang diakibatkan oleh adanya bocoran kecil di pembuluh darah. Nantinya, cairan tersebut akan terus keluar, dan hal ini mengakibatkan sirkulasi darah menjadi berhenti.

Di fase penyembuhan, cairan yang keluar yang diakibatkan oleh kebpcpran tersebut nantinya akan masuk kembali ke dalam aliran darah. Dan biasanya, si penderita akan pulih secara berangsur di tahapan ini. Di fase ini pula, banyak juga penderita yang akan kehilangan kesadaran atau bahkan mengalami kejang yang di akibatkan oleh otak yang tengah terperosok cairan yang berlebih. Bahkan ada juga yang merasakan gatal-gatal yang parah serta detak jantung yang berlebih.

Penyebab Demam Berdarah

Virus dengue merupakan jenis virus yang memang menjadi penyebab utama seseorang terkena demam berdarah. Awalnya, virus ini hanya akan menyelinap masuk ke dalam tubuh, setelah itu mereka akan hidup di sel yang menuju saluran pencernaan nyamuk. Dan sekitar 8-10 hari berikutnya, virus ini akan menyebar ke kelenjar salvia nyamuk, yaitu tempat di mana produksi saliva atau ludh atau air liur terjadi. Oleh karena itu, nyamuk yang berhasil menginfeksi seseorang dengan cara mengigit sama saja dengan mereka mengoper atau bahkan memindahkan virus dengue bersamaan dengan air liur nyamuk ke dalam tubuh manusia.

Pada awalnya, virus ini memang tidak membahayakan, dikarenakan mereka masih melawan sistem pertahanan tubuh yang berasal dari sel darah putih. Namun lama kelamaan, virus tersebut akan kembali memproduksi diri, sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi tidak mampu untuk menahan serangan dari virus dengue, maka dari itu virus akan berhasil masuk dan menyebar di dalam jaringan tubuh.

Related Posts

Share This