Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Kanker Rahim

Rahim merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam sistem reproduksi kaum wanita. Dan salah satu penyakit yang bisa menyerang organ ini yaitu kanker rahim. Jenis dari kanker rahim juga kerap di sebut dengan kanker endometrium, karena pada umumnya kanker rahim akan muncul dengan menyerang sejumlah sel yang memang membentuk dinding rahim atau dalam istilah medisnya yaitu endometrium.

Kanker rahim juga bisa menyerang sejumlah otot yang ada di sekitar rahim, sehingga hal ini bisa membentuk sarcoma utera. Namun kanker rahim sangat jarang terjadi kepada kaum wanita.

Biasanya, ciri-ciri kanker rahim atau gejala kanker rahim yang kerap di alami oleh kaum wanita yaitu adanya pendarahan yang keluar dari area kewanitaan. Walaupun tidak semua pendarahan bersifat abnormal disebabkan oleh kanker rahim, akan tetapi Anda harus tetap waspada dan segeralah periksakan ke dokter jika terjadinya pendarahan selain menstruasi. Terutama ketika Anda:

  1. Sudah menopause, tapi tetap mengalami pendarahan.
  2. Belum menopause, tapi mengalami pendarahan di luar siklus menstruasi.
  3. Penderita Kanker Rahim di Indonesia

Kanker rahim ini menduduki peringkat ke enam di dunia yang memang masuk kedalam daftar jenis penyakit yang kerap di alami oleh kaum wanita. Dan penyakit kanker ini diperkirakan telah menyerang sekitar 320.000 wanita pada tahun 2012 lalu. Dan di Indonesia sendiri, kanker rahim tidak termasuk kedalam sepuluh besar kanker yang dapat menyerang kaum wanita. Karena pada tahun 2002, telah terhitung ada sekitar 17,500 wanita yang berada di Indonesia yang memang menderita jenis penyakit kanker ini.

Sampai saat ini penyebab kanker rahim masih belum diketahui secara pasti. Namun faktor utama yang memang bisa meningkatkan resiko terjadinya kanker rahim pada wanita yaitu adanya ketidakseimbangan hormon yang ada di dalam tubuh, terutama hormon estrogen. Kadar hormon esterogen yang memang tinggi bisa meningkatkan resiko terjadinya kanker rahim pada seorang wanita.

Baca Juga:  5 Hal yang Wajib Anda Tahu Tentang Rematik

Baca juga : Cara Ampuh Mencegah Kanker Rahim

Di bawah ini ada beberapa faktor lainnya yang memang bisa menimbulkan hormon di dalam tubuh yang tidaklah seimbang, yaitu:

  1. Menopause yang terlambat.
  2. Terapi penggantian hormon.
  3. Penggunaan tamoksifen jangka panjang.

Dikarenakan penyebab kanker rahim yang sampai saat ini masih belum di ketahui, maka langkah yang bisa di ambil untuk kaum wanita dalam mencegah terjadinya penyakit kanker ini juga masih belum di temukan. Namun walaupun demikian, lankah guna mengurangi resiko terjadinya kanker rahim tetap ada, yaitu:

  1. Menjaga berat badan yang sehat
  2. Memperbanyak konsumsi kedelai
  3. Penggunaan jangka panjang untuk jenis kontrasepsi tertentu

Nah, untuk proses pengobatan kanker rahim akan sangat bergantung terhadap tahapan perkembangan penyakit jenis ini, serta akan sangat tergantung dengan status kesehatan pasien yang menderita kanker rahim. Namun langkah umum yang kerap di lakukan dalam medis yaitu di lakukannya operasi untuk mengangkat kanker yang ada di dalam rahim ini, atau disebut dengan histerektomi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517