Mengenal Khasiat Jantung Pisang Untuk Kesehatan

Buah pisang memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh karena kandungan nutrisinya yang melimpah. Disamping itu, ternyata ada bagian lain yang tak kalah bermanfaatnya yaitu bagian jantung pisang.

Jantung pisang merupakan bagian bunga dari tanaman pisang. Adapun bentuk jantung pisang hampir menyerupai organ jantung manusia dan berwarna merah tua. Selama ini jantung pisang memang banyak dimanfaatkan untuk dijadikan sayuran. Bahkan ada yang berinovasi dengan menjadikan jantung pisang sebagai abon atau dendeng.

Meskipun terlihat sangat sederhana, ternyata olahan jantung pisang sangat lezat dan kaya manfaat. Jantung pisang kaya akan serat yang baik untuk kesehatan. Bahkan sejak zaman dahulu jantung pisang dipercaya bisa memperbanyak ASI bagi ibuĀ  menyusui.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada jantung pisang diantaranya yaitu vitamin C, vitamin B1 dan vitamin A. Selain itu, jantung pisang juga memiliki kandungan mineral seperti zat besi, posfor dan kalsium.

Berikut Khasiat Jantung Pisang Yang Sangat Luar Biasa Untuk Kesehatan

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Mengingat kandungan serat myang sangat tinggi pada jantung pisang, maka sayuran ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Mengkonsumsi jantung pisang bisa menghindarkan dari risiko sembelit atau susah buang air besar.

Mencegah Stroke

Gangguan kardiovaskuler seperti penyakit stroke ternyata bisa dicegah dengan konsumsi jantung pisang secara teratur. Jantung pisang mengandung zat besi yang akan membantu produksi sel darah merah sehingga sirkulasi darah tidak mengalami gangguan.

Makanan Untuk Penderita Dibetes

Jantung pisang merupakan salah satu jenis makanan yang cocok untuk penderita diabetes. Hal ini karena kandungan indeks glikemik dari jantung pisang terbilang sangat rendah. Hal ini tentunya sangat aman untuk penderita diabetes.

Kaya Serat

Kandungan serat pangan pada jantung pisang sangat tinggi karena terdapat protein, mineral, karbohidrat, vitamin yang meliputi vitamin B1 dan betakarotin.

Memperlancar Sirkulasi Darah

Bisa juga memperlancar sirkulasi darah karena terdapat senyawa yang bersifat antikoagulan sehingga mencegah terjadinya penggumpalan darah.

Mencegah Kanker

Mengkonsumsi jantung pisang secara teratur bisa menghindarkan dari risiko penyakit kanker. Hal ini karena makanan ini bersifat sebagai antioksidan yang bisa mencegah radikal bebas penyebab kerusakan organ tubuh. Disamping itu, manfaat lain yaitu bisa mencegah pertumbuhan sel-sel kanker yang berbahaya bagi tubuh.

Mencegah Penuaan Dini

Flavonoid yang terdapat pada jantung pisang bermanfaat dalam memperbaiki sel-sel didalam tubuh yang mengalami kerusakan akibat zat radikal bebas. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

Bermanfaat Untuk Ibu Menyusui

Bagi Anda yang sedang menyusui, jantung pisang bisa dijadikan sebagai salah satu makanan sehat untuk dikonsumsi. Jantung pisang mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat untuk memperlancar produksi ASI.

Menurunkan Berat Badan

Mengingat kandungan serat yang tinggi pada jantung pisang, maka jantung pisang bermanfaat untuk membantu menurunkan program diet. MakananĀ  yang satu ini sangat cocok dikonsumsi oleh Anda yang menjalankan program diet.

Mencegah Kolesterol

Dengan mengkonsumsi jantung pisang secara teratur maka bermanfaat untuk mencegah naiknya kadar lemak atau kolesterol. Jantung pisang tergolong jenis makanan yang rendah lemak sehingga memiliki kemampuan untuk mengikat lemak jahat dan membuangnya dari dalam tubuh.

Mengontrol Menstruasi

Konsumsi jantung pisang bisa membantu mengontrol hormone progesterone sehingga bermanfaat untuk mengatur siklus menstruasi.

Demikian beberapa khasiat jantung pisang untuk kesehatan. Jantung pisang bisa Anda olah menjadi berbagai macam penganan sesuai dengan selera. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517