Mengenal Jenis-Jenis Phobia Secara Umum

Phobia merupakan salah satu kondisi rasa takut uyang berlebihan terhadap sesuatu hal atau kejadian. Phobia bisa dikategorikan sebagai penyakit psikologis yang banyak diderita oleh banyak orang di berbagai belahan dunia. Jenis jenis phobia sangat beragam dan setiap orang mengalami phobia yang berbeda.

Phobia bisa menghambat aktivitas dan bahkan menghilangkan keberanian seseorang. Gejala penyakit phobia bisa terjadi sejak usia dini sehingga dalam hal ini perlu disadari supaya penanganannya lebih mudah dan tidak berkembang hingga dewasa. Setiap orang memiliki phobia yang berbeda terhadap benda atau suatu kejadian yang pernah dialami.

Jika dibagi menjadi beberapa kategori, phobia bisa digolongkan menjadi beberapa bagian. Apa saja jenis jenis phobia? Berikut ini ulasan lengkapnya mengenai jenis jenis phobia yang perlu Anda ketahui.

Zoophobia

Nah, salah satu jenis phobia yang mungkin terjadi yaitu zoophobia. Phobia jenis ini merupakan perasaan takut yang berlebihan terhadap jenis khewan tertentu. Phobia jenis ini sebenarnya sudah umum dan tertanam dalam diri setiap orang. Salah satu contohnya banyak orang yang merasa takut dengan hewan kecoa atau ular.

Achluphobia

Jenis yang selanjutnya merupakan ketakutan berlebih terhadap kegelapan. Sebagian orang akan merasa takutĀ  ketika harus berada di tempat gelap. Biasanya phobia ini ditandai dengan menangis, berteriak, histeris dan sebagainya. Biasanya terjadi ketika mati lampu di malam hari.

Acrophobia

Phobia jenis ini yaitu rasa takut yang berlebihan terhdap tempat tinggi. Phobia seperti ini memang sudah umum dialami oleh kebanyakan orang. Namun, tingkat phobia jenis ini memang berbeda-beda dirasakan oleh setiap orang.

Belonphobia

Phobia yang satu ini memang terbilang cukup unik yaitu rasa takut yang berlebih terhadap jarum suntik. Bahkan jenis phobia ini penyebabnya bisa dari sejak kecil akibat pernah merasa trauma dengan benda tersebut. Bahkan phobia ini bisa terjadi akibat kebiasaan orangtua yang menakut-nakuti anaknya dengan jarum suntik kerika kecil.

Brontophobia

Untuk jenis phobia ini merasa ketakutan terhadap petir atau kilat pada musim penghujan tiba. Reaksi yang ditimbulkan biasanya cenderung sangat berlebihan diantaranya jantung berdebar lebih kencang, keringat dingin dan terkadang berteriak.

Glossophobia

Phobia jenis ini lebih identik dengan rasa takut dan tidak berani untuk berada di depan umum. Phobia ini sebaiknya segera ditangani supaya tidak menghambat karir. Jika dibiarkan maka beresiko menyebabkan seseorang tidak memiliki keberanian untuk tampil dihadapan public.

Nah, demikian beberapa jenis phobia yang mungkin saja dialami oleh sebagian atau bahkan kebanyakan orang di dunia ini. Phobia sebenarnya bisa disembuhkan dengan cara terapi emosi untuk mengendalikan setiap ketakutan yang dialami. Semakin dilawan maka phobia akan perlahan hilang. Maka dari itu butuh keberanian untuk menghilangkannya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517