Mengenal Gerak Refleks Bayi Yang Baru Lahir

Tahukah Anda kalau bayi yang baru lahir dan orang dewasa memiliki dua tipe tingkah laku yang sama yaitu kognitif dan refleks. Kognitif sangat erat kaitannya dengan pola pikir sebelum bertindak, sedangkan refleks berarti reaksi yang terjadi secara otomatis. Pada awalnya hampir semua gerakan bayi dipicu oleh refleks sebagai gerakan naluriah yang menunjukan tanggapan terhadap suatu rangsangan.

Gerak refleks memang sangat berguna bagi kehidupan seperti refleks usus besar, refleks pernapsan, refleks mengedip dan proses mengosongkan kandung kemih secara otomatis. Meskipun baru beberapa saat dilahirkan, gerakan bayi sudah terlihat sangat aktif yang di dominasi oleh gerakan refleks. Kurang lebih ada sekitar 75 gerak refleks sederhana pada bayi yang baru lahir.

Bayi Baru Lahir

Dibawah Ini Ada Beberapa Gerak Refleks Pada Bayi Yang Baru Lahir

  1. Gerak refleks mulut (menghisap)

Refleks mulut sangat berguna untuk membantu bayi dalam menemukan sumber makanan dan mencernanya. Salah satunya yaitu gerak refleks dalam menghisap dan menelan. Untuk melihat gerak refleks pada bayi yang baru lahir Anda bisa memberikan stimulasi dengan menggunakan puting payudara. Refleks menghisap pada bayi yang baru lahir biasanya akan terjadi ketika ditempatkan sesuatu pada mulut mereka. Refleks menghisap pada bayi yang baru lahir biasanya berbeda-beda dan refleks ini akan perlahan menghilang seiring dengan perkembangan usia bayi.

  1. Gerak refleks moro (terkejut)

Refleks moro merupakan gerakan secara tiba-tiba pada bayi akibat suara atau gerakan yang mengejutkan bayi. Salah satunya yaitu ketika bayi diperdengarkan suara keras secara tiba-tiba atau ketika Anda menggendong bayi tidak menopang kepala serta punggunggya maka bayi akan bereaksi seperti akan terjatuh dan mencoba meraih suatu benda untuk digenggamnya. Refleks ini biasanya lebih sering terjadi pada bulan-bulan pertama dan perlahan akan menghilang seiring dengan bertambhanya usia bayi.

  1. Gerak refleks menggenggam

Untuk melihat refleks menggenggam bayi, coba letakkan jari tangan Anda pada telapak tangan bayi dan secara tiba-tiba bayi akan merespon dengan menggenggamnya. Gerak refleks yang lebih kuat biasanya ditemui pada bayi yang berusia dua bulan. Gerak refleks ini biasanya akan hilang ketika bayi sudah berusia enam bulan.

  1. Gerak refleks meluruskan

Gerak refleks meluruskan merupakan perilaku bayi untuk mempertahankan diri. Gerakan ini membantu bayi untuk menjaga keseimbangan dan kesatuan dari anggota tubuhnya seperti kepala, lengan dan kaki. Salah satu contoh yang bisa Anda lihat yaitu ketika bayi ditelungkupkan maka akan mengangkat kepalanya supaya lebih tinggi atau memalingkan kepalanya ke salah satu sisi.

  1. Gerak refleks melangkah

Gerak refleks ini biasanya akan terjadi ketika bayi di pegang tegak lurus seperti berdiri kemudian perlahan dirangsang untuk berjalan dan ketika kaki bayi akan melalui tempat yang lebih tinggi, maka secara otomatis bayi akan menghindari sandungan tersebut dengan gerakan seperti melangkah. Selain itu, ketika tubuh bayi dimiringkan ke depan maka kakinya akan berusaha untuk melangkah.

  1. Gerak refleks mencari puting payudara

Biasanya ketika sang ibu menyentuh halus pipi atau mulut bayi dengan jari maka bayi akan langsung memiringkan pipinya untuk menemukan sentuhan tersebut. Selain itu, bayi juga akan membuka mulutnya ketika diberi rangsangan dengan puting payudara.

Gerak refleks mempunyai peranan penting bagi bayi yang baru lahir dan akan hilang secara perlahan seiring dengan bertambahnya usia bayi. Gerak refleks secara tidak langsung menunjukan perkembangan fungsi sitem saraf utama pada bayi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517