Mengenal Fungsi dan Manfaat Magnesium Untuk Si Kecil

Seperti halnya jenis mineral yang lain yaitu kalsium dan zat besi, tubuh si kecil juga membutuhkan asupan magnesium. Peran penting magnesium dalam pertumbuhan anak salah satunya yaitu untuk membantu proses metabolisme tubuh. Manfaat magnesium bagi si kecil memang sangat penting untuk menunjang tumbuh kembangnya.

Kandungan magnesium banyak terdapat dalam jenis sayuran berdaun hijau gelap, biji-bijian dan kacang-kacangan. Sumber terbaik dari kacang-kacangan atau biji-bijian yaitu kacang mete, biji bunga matahari, kacang almond, beras merah, wijen dan biji labu.

Produk olahan dari biji-bijian yaitu tahu dan tempe. Kedua makanan tersebut mengandung zat besi cukup tinggi untuk mencukupi kebutuhan harian magnesium si kecil dalam menunjang tumbuh kembangnya.

Berikut Manfaat Magnesium Untuk Si Kecil

Membantu Produksi Energi

Didalam tubuh si kecil berlangsung proses pengolahan makanan melalui serangkaian reaksi yang kompleks. Nah, beberapa dari reaksi tersebut membutuhkan peran penting dari magnesium untuk bisa bekerja dengan baik.

Menjaga Tulang

Menurut hasil riset menunjukan bahwa hampir sekitar 60% magnesium disimpan didalam tulang dan memiliki peran yang sangat penting untuk proses metabolisme tulang. Kekurangan magnesium beresiko terhadap penurunan kekuatan tulang.

Mencegah Resiko Peradangan

Mencukupi kebutuhan magnesium untuk tubuh berguna untuk menurunkan resiko terjadinya peradangan. Bahkan makanan yang mengandung magnesium sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang yang mengalami peradangan di dalam tubuh.

Menjaga Keseimbangan Sistem Saraf

Sistem saraf manusia bekerja melalui serangkaian reaksi. Semua reaksi tersebut melibatkan peran penting dari magnesium sehingga jika tidak tercukupi bisa lberesiko terhadap kesrusakan saraf dan meningkatnya depresi.

Anak-anak usia 1 hingga 3 tahun memerlukan sekitar 80 miligram magnesium per hari. Untuk anak usia 4 tahun hingga 8 tahun rata-rata membutuhkan sekitar 130 mg per hari. Nah, angka kebutuhan harian tersebut merupakan kebutuhan rata-rata untuk setiap harinya.

Kandungan unsure magnesium dalam setiap makanan pada dasarnya bergantumng pada jenis, ukuran dan produknya. Kombinasikamn makanan yang mengandung magnesium dengan jenis makanan lain untuk melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil.

Angka rata-rata kandungan magnesium dalam beberapa jenis makanan yang sebaiknya diberikan pada anak yaitu sebagai berikut.

  • ¼ gelas kacang almon sekitar 99 mg
  • ¼ gelas biji bunga matahari sekitar 114 mg
  • ¼ gelas kacang mete sekitar 100 mg
  • ¼ gelas biji labu kuning sekitar 191 mg
  • ¼ biji wijen sekitar 126 mg
  • 1 gelas kacang hitam sekitar 120 mg
  • 1 gelas bayam sekitar 157 mg
  • 1 gelas biji kacang hijau menath sekitar 25 mg

Penuhi kebutuhan nutrisi harian si kecil supaya proses tumbuh kembangnya berlangsung secara optimal. Kekurangan nutrisi sangat beresiko terhadap gangguan tumbuh kembang.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517