Mengenal Cara Menyusui Bayi Agar Puting Susu Tidak Lecet

Cara menyusui bayi agar putting susu tidak lecet. Putting susu yang lecet kerap kali menjadi satu keluhan bagi ibu yang menyusui, bahkan keadaan ini bisa membuat mereka menjadi kewalahan menahan rasa sakit ketika menyusui, bahkan ada juga beberapa diantaranya ibu yang merasa kapok akan hal seperti ini. Putting susu yang lecet disebabkan oleh posisi menyusui yang tidak benar. Lantas, bagaimana cara menyusui bayi yang benar agar putting susu tidak menjadi lecet?

Umumnya, cara menyusui yang baik yaitu posisi ibu dan si kecil harus benar-benar merasa nyaman ketika menyusui. Yaitu dagu bayi serta payudara ibu diharuskan dalam keadaan menempel. Setelah itu, buat mulut si kecil untuk terbuka selebar-lebarnya, bahkan bibir si kecil juga harus dalam keadaan terbalik atau monyong, setelah itu masukkanlah aerola sebanyak-banyaknya ke mulut bayi. Cara ini juga telah disetujui oleh Dr. Edi Setiawan Tehuteru Sp. A(K), MHA, IBCLC.

Mengapa harus memasukkan aerola sebanyak-banyaknya? Karena dengan memasukkan bagian aerola yang sebanyak-banyaknya, maka bagian putting susu akan berada di antara langit-langit mulut si kecil yang keras juga lunak. Bahkan ketika itu, si kecil juga akan menyusu dengan menggunakan lidahnya, sehingga lecet terhadap putting susu bisa terhindari. Bahkan, kondisi pipi bayi yang menyusu dengan cara menyusui anak yang benar yaitu menggembung. Namun jika pipi si kecil kempot, maka itu artinya posisi ia menyusu ada dalam keadaan yang tidak tepat, sehingga bisa menimbulkan resiko putting susu yang lecet.

Bukan hanya itu, prinsip lain mengenai posisi menyusui yang benar yaitu posisi telinga, tangan serta kaki bayi harus berada dalam satu garis lurus. Karena jika tidak sejajar, misalkan hanya bagian kepala yang menghadap ke payudara, maka akan membuat si kecil merasa pegal dan tidak nyaman ketika ia menelan ASI. Bukan hanya itu, keadaan siku ibu juga dianjurkan jangan terlalu menekan ke bagian kepala si ekcil, karena hal ini bisa menyebabkan si kecil susah dalam menelan ASI. Dan sebaiknya Anda bisa memberi sedikit ruang antara siku ibu dengan kepala si kecil.

Nah, berdasarkan pengetahui dari Dr. Edi, banyak diantaranya ibu-ibu yang merasa kesusahan ketika mereka ingin menyusui si kecil dengan menggunakan payudara kanan. Nah, untuk mempermudah ibu ketika menyusui menggunakan oayudara kanan, maka Anda bisa menerapkan posisi cross cradle, yaitu dengan cara memegang bayi dengan menggunakan tangan kiri. Bahkan ibu juga bisa menggunakan cara atu posisi football, yakni meletakan si kecil dengan posisi agak berada di smaping tubuh.

Satu hal yang harus Anda ketahui dan pahami. Bahwa ada beberapa hal yang memang bisa menghambat produksi hormon oksitosin dan prolactin, yakni adanya pemikiran bahwa ASI yang kurang, keadaan putting yang lecet, menyusui sampai melakukan kegiatan atau pekerjaan, serta rasa malu ketika menyusui di tempat umum.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517