Mengenal Beberapa Perubahan Pada Ibu Hamil

Memasuki masa kehamilan, banyak perubahan yang akan terjadi pada seorang wanita. Perubahan tersebut bersifat fisik dan psikis. Pada dasarnya perubahan pada ibu hamil dipengaruhi oleh hormone kehamilan dan hal tersebut merupakan kondisi yang wajar.

Bagi wanita yang baru pertama kali menjalani masa kehamilan, perubahan fisik tersebut mungkin akan terasa cukup mengganggu. Namun secara perlahan kondisi tersebut akan membuat ibu hamil terbiasa dan menyadari akan kodrat sebagai wanita. Lalu apa saja perubahan fisik pada ibu hamil? Berikut ini penjelasan lengkapnya!

  1. Perubahan payudara

Perubahan fisiologis pada ibu hamil akan berdampak pada perubahan fisik yaitu salah satunya terjadi pada payudara. Pada awal kehamilan payudara cenderung mengeras dan kepekaan puting meningkat. Disamping itu, ketika memasuki usia kehamilan tahap akhir maka kelenjar susu akan mulai aktif dan mulai memproduksi sedikit kolostrum. Puting payudara juga akan mengalami perubahan dan semakin menghitam selama proses kehamilan berlangsung.

  1. Nyeri pada bagian perut

Rasa nyeri pada bagian perut merupakan hal yang wajar memasuki masa kehamilan. Kondisi tersebut biasanya lebih dominan pada usia kehamilan trimester kedua. Hal ini disebabkan oleh ligament lingkar yang merupakan otot untuk menahan rahim supaya tetap tegak. Rasa sakit tersebut terjadi seiring dengan berkembanganya rahim karena ligament ikut meregang.

  1. Perubahan rambut

Perubahan rambut pada ibu hamil adalah hal yang tidak bisa dihindari. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh hormone kehamilan. Perubahan tersebut hanya bersifat sementara dan Anda tiak perlu khawatir. Akan membaik seiring dengan berakhirnya masa kehamilan.

  1. Sembelit

Perubahan yang terjadi pada bagian sistem pencernaan mengakibatkan ibu hamil mengalami sembelit. Hal ini terjadi karena janin yang semakin berkembang akan memberikan tekanan pada usus sehingga gerakan usus terganggu dan membuat feses mengeras.

  1. Perubahan kulit

Hormone kehamilan akan mempengaruhi pigmen kulit. Biasanya kulit ibu hamil akan cenderung lebih gelap dan terdapat guratan-guratan halus atau stretch mark. Anda tidak perlu khawatir karena seiring dengan berakhirnya masa kehamilan maka perubahan tersebut akan kembali normal seperti sedia kala.

  1. Perubahan peredaran darah

Perubahan selanjutnya terjadi pada sirkulasi darah dan akan jelas terlihat pada bagian kaki. Beberapa pembuluh darah akan tertekan sehingga ada sebagian ibu hamil yang mengalami kram kaki ataupun varises. Kondisi peredaran darah yang terganggu ktak jarang mengakibatkan ibu hamil lebih mudah kelelahan dan terjadi pembengkakan pada kaki.

  1. Gusi berdarah

Perubahan hormone selama hamil menyebabkan bagian gusi ibu hamil melunak dan rentan terjadi pendarahan. Disamping itu peredaran darah menuju hidung meningkat sehingga membuat ibu hamil lebih mudah mengalami mimisan.

Demikian beberapa perubahan yang terjadi pada ibu hamil. Dalam hal ini penting sekali bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan bergizi guna menunjang kesehatan dan tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Related Posts

Share This