Mengenal Beberapa Penyebab Keputihan Pada Wanita

Keputihan merupakan permasalahan yang paling umum terjadi pada wanita. Keputihan yang tidak normal tentunya akan mengganggu kesehatan dan kegiatan harian. Permasalahan keputihan yang tidak normal biasanya disebabkan oleh kebiasaan atau gaya hidup yang tidak sehat sehingga memicu infeksi bakteri yang mengakibatkan keputihan.

Keputihan yang abnormal biasanya menunjukan gejala seperti keluarnya cairan berwarna kuning kehijauan yang disertai bau busuk. Apabila tidak segera ditangani maka keputihan sangat beresiko menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan yang berhubungan dengan sistem reproduksi. Kondisi keputihan yang sudah terlalu parah bisa menyebabkan infertilitas (kemandulan) pada wanita. Maka dari itu dalam hal ini sangat penting sekali bagi wanita untuk mengenal penyebab keputihan sehingga bisa dilakukan pencegahan dini sebelum benar-benar terinfeksi.

penyebab keputihan pada wanita

Hal-hal Yang Menyebabkan Keputihan Pada Wanita

Kebersihan organ intim

Salah satu faktor yang memicu infeksi bakteri penyebab keputihan yang abnormal yaitu kebersihan organ intim. Pada dasarnya organ intim merupakan salah satu bagian yang sangat sensitif sehingga harus senantiasa dijaga kebersihannya. Kebiasaan buruk dalam membersihkan organ intim setelah buang air merupakan pemicu munculnya infeksi bakteri dan jamur. Membersihkan organ intim setelah buang air sebaiknya dilakukan dengan cara membasuh dari bagian depan menuju kebelakang atau anus. Selain itu dalam menjaga kesehatan organ intim sebaiknya Anda rutin mengganti celana dalam dan gunakan celana dalam dengan bahan yang mudah menyerap keringat supaya tidak lembab.

Stress

Seperti yang kita tahu bahwa kinerja semua organ tubuh dipengaruhi oleh otak. Apabila otak tidak berjalan baik maka akan mempengaruhi kinerja dan fungsi dari berbagai organ tubuh. Kondisi pikiran yang tertekan atau stress bisa memicu keputihan. Hal ini karena ketika reseptor otak terganggu maka akan mempengaruhi keseimbangan dari hormon-hormon yang ada di dalam tubuh. Keseimbangan hormone yang terganggu akan memicu infeksi bakteri pada organ intim yang menyebabkan keputihan.

Baca Juga:  5 Manfaat Buah Sirsak Untuk Kecantikan yang Sangat Mengejutkan

Gaya hidup yang tidak sehat

Keputihan tidak hanya bisa diakibatkan oleh faktor yang berhubungan langsung dengan organ intim. Akan tetapi keputihan juga bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk atau gaya hidup yang tidak sehat. Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti mengkosumsi junkfood atau minuman beralkohol  akan mengganggu keseimbangan hormone. Selain itu, kebiasaan jarang olahraga juga akan menjadi penyebab keputihan.

Memakai obat-obatan terus menerus

Menggunakan obat-obatan antibiotik secara terus menerus dalam jangka panjang akan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Kebiasaan mengkonsumsi obat-obatan juga bisa mengganggu keseimbangan hotrmonal yang mengakibatkan keputihan.

Keputihan diakibatkan oleh jamur

Keputihan yang abnormal disebabkan oleh jamur seperti candida albicans dan jamur monila. Keputihan ini ditandai dengan keluarnya cairan warna kuning kehijauan disertai bau tidak sedap. Kondisi yang parah akan menimbulkan peradangan pada vagina sehingga lama kelamaan akan mengeluarkan cairan nanah.

Nah, itulah beberapa penyebab keputihan pada wanita yang sebaiknya Anda ketahui supaya bisa dilakukan pencegahan secara dini. Keputihan yang dibiarkan dan tidak segera ditangani akan berakibat fatal bagi kesehatan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517