Mengenal Arti Warna Urin Sesuai Dengan Kondisi Kesehatan

Warna urin bisa digunakan untuk mendeteksi kesehatan. Urin merupakan limbah hasil metabolisme tubuh yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh. Urin terbentuk melalui proses penyaringan pada organ ginjal. Ketika buang air kecil mungkin sepintas kita sering memperhatikan warna urin tersebut. Bahkan terkadang warna urin kerap kali berbeda. Tahukah Anda jika ternyata warna urin bisa menjadi indikator kesehatan yang paling mudah untuk dideteksi.

Warna yang paling umum dari urin dan merupakan warna khas yaitu kuning. Apakah Anda tahu apakah makmna warna kuning tersebut? Warna urin kuning terang merupakan urin yang bersifat normal. Hal ini juga menandakan bahwa Anda sudah mencukupi kebutuhan cairan dengan baik. Dalam hal ini yang perlu dilakukan yaitu menjaga asupan cairan untuk tubuh dengan minum air minimal 8 gelas setiap hari.

Selain kuning terang, warna urin kuning seperti lemon menandaklan bahwa Anda kekurangan cairan dan sedikit dehidrasi. Oleh karenanya tingkatkan asupan cairan sehingga tubuh memperoleh cairan dengan cukup dan urin kembali normal.

Warna urin kuning tua memiliki arti kekurangan cairan atau dehidrasi dan hal ini menjadi indikasi bahwa Anda benar-benar dehidrasi. Maka dari itu, perhatikan kebutuhan cairan untuk tubuh dengan tetap mengkonsumsi air putih minimal 2 liter per hari.

Arti Warna Urin Sesuai Dengan Kondisi Kesehatan

Keruh

Apabila warna urin sedikit keruh  maka hal ini bisa menjadi indikasi adanya masalah pada kandung kemih. Warna keruh disebabkan oleh lendir, jaringan dan protein yang terpecah serta tercampur ketika buang air kecil.

Jernih dan Tidak Berwarna

Air seni yang jernih dan tidak berwarna menandakan bahwa asupan cairan sudah mencukupi dan ginjal berfungsi dengan baik.

Baca Juga:  Daftar Obat Sakit Maag Alami

Cokelat

Urin berwarna cokelat biasanya disebabkan oleh konsumsi obat-obatan. Namun, apabila Anda tidak mengkonsumsi obat-obatan maka kemungkinan hal ini menandakan adanya gangguan pada ginjal dan liver.

Orange

Selain akibat dehidrasi akut, urin warna orange menandakan bahwa kadar bilirubin sangat tinggi. Seperti yang kita ketahui bahwa bilirubin merupakan pigmen warna kuning yang diproduksi dari hasil perombakan sel darah merah yang sudah tua. Apabila kadar bilirubin sangat tinggi maka hal ini akan mengakibatkan gangguan pada liver.

Pink Tua

Jika Anda mendapati warna urin seperti ini maka sebaiknya segera periksakan ke dokter. Kemungkinan urin berwarna pink tua diakibatkan adanya gangguan pada proses pembentukan urin tersebut. Hal ini terkait dengan gangguan kesehatan di dalam tubuh.

Demikian beberapa arti dari warna urin. Untuk menjaga kesehatan dan fungsi ginjal sebaiknya Anda mencukupi kebutuhan cairan dengan mengkonsumsi air putih minimal 2 liter setiap hari. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517