Mengenal Apa Itu Tes Kehamilan

Bagi Anda para ibu yang memang mendambakan seorang anak, pastinya tes kehamilan merupakan saat-saat yang paling mendebarkan. Dan tumpuan hasil tes kehamilan yang positif merupakan satu hal yang paling di nanti. Dan kebahgiaan akan sangat di rasakan ketika hasil tes kehamilan tersebut menyatakan positif.

Akan tetapi, tidak jarang para ibu yang merasa kecewa ketika melihat tes kehamilan akurat yang dinanti ternyata sangat tidak sesuai dengan apa yang di harapkan. Patsinya kesabaran serta usaha juga doa kembali harus Anda lakukan. Akan tetapi, ada pula hasil tes kehamilan yang tidak akurat, hal ini dikarenakan mereka yang salah atau bahkan tidak mengetahui cara dalam menggunakan alat tes kehamilan tersebut. Nah, guna menghindari hal tersebut, maka kali ini kami akan membahas mengenai apa serta bagaimana jenis tes kehamilan itu.

Tes kehamilan yang akurat dengan tes urine. Jenis tes ini merupakan bentuk tes kehamilan yang paling umum dan banyak di gunakan dalam mengetes kehamilan. Dikarenakan selain mudah dilakukan, tes ini juga sangat sederhana. Bahkan tes kehamilan dengan menggunakan urine ini juga bisa dilakukan sendiri tanpa harus melibatkan ahli.

Tes kehamilan ini dilakukan guna mengetahui kadar HCG (Human Chorionic Gonadotropin), yakni suatu hormon yang memang dihasilkan oleh embrio ketika terjadinya kehamilan yang nantinya akan meningkat di dalam urine serta darah satu minggu setelah terjadinya konsepsi. Ketika itu, hormon akan dilepas ke dalam darah ibu yang mengalir mengitari ovum, dan setelah itu akan terbawa menuju indung telur. Dan hal inilah yang mengakibatkan terjadinya peningkatan progesterone yang memiliki fungsi untuk menahan haid berikutnya.

Setelahitu, HCG akan mencapai tingkatan produksi maksimalnya ketika usia kehamilan mencapai 12 minggu, sementara itu bagian plasenta akan terus berkembang serta menjadi lebih aktif. HCG ini nantinya akan dikeluarkan oleh ginjal ibu serta bisa dideteksi dalam darah serta urine di minggu-minggu awal terjadinya kehamilan. Dan keberadaan hormon inilah yang akan menjadi dasar dari tes kehamilan yang akurat.

Baca Juga:  Manfaat Udang Untuk Ibu Hamil Yang Harus Anda Ketahui

Dan di bawah ini ada beberapa jenis tes urine yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui kehamilan Anda, yaitu sebagai berikut:

  1. Test Pack (Pengetesan sendiri)

Test pack ini merupakan salah satu jenis alat untuk mengetes kehamilan yang praktis dalam penggunaannya, dikarenakan Anda tidak perlu repot-repot untuk pergi ke labolatorium guna memeriksa apakah Anda hamil atau tidak.

  1. Test Slide

Tes ini biasanya dilakukan di rumah bersalin atau bahkan klinik dengan menggunakan slide kaca.

  1. Test Laboratorium

Untuk melakukan tes ini, Anda cukup mengirimkan contoh urine Anda ke labolatorium terdekat, atau bahkan melalui dokter Anda.

  1. Tes Darah

Ketika tes ini dilakukan, maka dokter akan melakukan atau menggunakan dua jenis tes darah guna memeriksa kehamilan, yaitu dengan melakukan tes kualitatif dan kuantitatif.

  1. Pemindaian ultrasound (ultrasound scans)

Ultrasound atau ultrasonografi yaitu penggunaan gelombang suara frekuensi tinggi guna melihat ke bagian dalam rongga perut serta menampilkan citra janin yang ada di dalam kandungan melalui layar monitor.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517