Mengenal 7 Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap anak pastinya akan memiliki masa pertumbuhan gigi bayi yang berbeda-beda, namun pada umumnya, pertumbuhan gigi bayi akan muncul ketika usia si kecil menginjak usia 4-6 bulan, namun terkadang ada juga yang lebih dari usia tersebut. Dan setiap orang tua tidak bisa memprediksi dengan benar, kapan gigi si kecil akan muncul.

Walaupun seperti itu, ada beberapa pertanda yang akan dialami si kecil ketika pertumbuhan gigi anak mulai muncul. Jenis serta tingkatan dari sejumlah pertanda akan munculnya gigi pada si kecil sangatlah beragam antara satu bayi ke bayi yang lainnya. Bagi sebagian besar bayi, pertumbuhan gigi bayi bisa diartikan sebagai satu masa dimana si kecil akan mengalami ketidaknyamanan yang sangat berat, serta satu waktu dimana ia juga akan mengalami banyak menangis dikarenakan pertumbuhan tersebut. Sedangkan pada bayi yang lainnya, bisa saja mereka melewati masa pertumbuhan gigi dengan waktu yang sangat cepat, bahkan tanpa adanya banyak keluhan yang di rasakan.

pertumbuhan gigi bayi

Berikut ini ada beberapa pertanda tumbuh gigi pada bayi yang harus bunda pahami, namun pertanda-pertanda ini tidak semua di rasakan oleh si kecil. Dan berikut ini pertanda munculnya gigi pada si kecil, yaitu sebagai berikut:

  1. Pengeluaran air liur

Perlu bunda ketahui, bahwa pertumbuhan gigi pada si kecil mampu merangsang keluarnya air liur, dan kejadian ini pada umumnya terjadi pada bayi yang berusia 10 minggu sampai ¾ bulan.

  1. Ruam pada dagu atau wajah

Jika si kecil sedang ada dalam masa pertumbuhan gigi, dan si kecil sangat banyak mengeluarkan air liur, kemungkinan besar si kecil akan mengalami ruam kulit yang kering yang akan muncul di sekitar mulut juga dagu. Penyebabnya yaitu kulit yang mengalami kontak langsung dengan air liur tersebut.

  1. Batuk

Banyaknya keluar air liur si kecil juga bisa membuat anak menjadi tersedak dan batuk. Jika memang tidak disertai dengan tanda-tanda terjadinya flu, pilek atau bahkan alergi, pastinya pertanda yang satu ini tidak perlu di khawatirkan oleh bunda.

  1. Bayi Sering Menggigit

Tekanan yang disebabkan oleh gigi yang akan keluar dari dalam gusi akan membuat si kecil merasa tidak nyaman. Dan pada akhirnya, ketidaknyamanan tersebut akan dilampiaskan oleh si kecil melalui gigitan, ia akan mengigit pada apapun yang ia temukan, dimulai dari jari, mainan yang memang di desain khusu untuk si kecil, sampai pada putting susu.

  1. Rasa sakit

Peradangan yang terjadi terhadap jaringan lunak yang terjadi pada gusi bisa menimbulkan rasa sakit pada si kecil. Dan biasanya, yang paling menyakitkan yaitu timbulnya gigi pertama pada si kecil. Walaupun seperti itu, ada beberapa bayi yang pada akhirnya meras biasa dengan rasa sakit yang ia alami, sehingga mereka tidak menghiraukan lagi rasa sakit itu.

  1. Rewel

Mulut si kecil akan terasa sakit ketika gigi-gigi kecilnya menekan daerah gusi yang akan segera muncul gigi. Dikarenakan hal ini terjadi, maka sangatlah wajar jika si kecil menjadi sangat rewel.

  1. Menolak untuk makan

Dikarenakan si kecil merasa tidak nyaman, maka si kecil yang tengah rewel biasanya akan menolak setiap asupan makanan yang di berikan kepadanya.

Dan itulah beberapa pertanda terjadinya pertumbuhan gigi pada si kecil.

Related Posts

Share This