Aktivitas Yang Bermanfaat Untuk Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Melahirkan

Proses melahirkan secara normal tentunya menguras banyak energi sehingga menyebabkan kelelahan. Rasa lelah setelah melahirkan terkadang sangat sulit untuk dipulihkan. Oleh karena itu disarankan bagi ibu hamil untuk memperbanyak informasi dan pengetahuan untuk memulihkan kebugaran tubuh setelah melahirkan.

Memulihkan kebugaran tubuh setelah melahirkan sangat penting dilakukan oleh semua wanita untuk menunjang proses menyusui bayi. Kondisi tubuh yang sehat dan prima akan mendukung produksi ASI sehingga kebutuhan nutrisi untuk bayi tidak akan mengalami gangguan.

Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Melahirkan

Kebugaran tubuh setelah melahirkan bisa dipulihkan dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi dan rutin berolahraga. Akan tetapi sebelum Anda berolahraga untuk memulihkan kebugaran tubuh sebaiknya dilakukan 2 minggu setelah melahirkan supaya kondisi rahim sudah pulih dan tidak akan terjadi pendarahan. Selain itu untuk melakukan olahraga bisa disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing dan porsi olahraga untuk wanita setelah melahirkan sebaiknya olahraga ringan.

Berikut Ini Ada Beberapa Panduan Untuk Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Melahirkan

  • Olahraga ringan

Memulihkan kebugaran tubuh setelah melahirkan bisa dimulai dengan melakukan jenis olahraga yang baik untuk wanita pasca melahirkan seperti jalan santai atau jogging. Anda bisa melakukan jalan santai pada pagi hari atau sore hari. Olahraga ringan ini akan memberikan dampak positif bagi kebugaran tubuh apabila dilakukan secara rutin dan teratur setiap hari.

  • Membiasakan sarapan pagi

Sarapan sangat bermanfaat untuk membantu mengembalikan kebugaran tubuh setelah melahirkan. Oleh karena itu bagi wanita pasca melahirkan sebaiknya jangan pernah melewatkan waktu sarapan supaya kondisi tubuh cepat puli seperti semula. Sarapan pagi akan memberi energi bagi tubuh sehingga kinerja sel-sel di dalam tubuh akan berjalan optimal dalam mengembalikan kebugaran. Hindari mengkonsumsi makanan terlalu banyak pada waktu sarapan karena hal tersebut bisa berpengaruh terhadap kesehatanmdan menghambat aktivitas.

  • Yoga

Yoga bermanfaat untuk memulihkan kondisi fisik dan psikis setelah melahirkan. Yoga akan membuat pikiran menjadi lebih tenang dan terhindar dari keluhan pasca melahirkan seperti baby blues. Selain itu, yoga akan mengembalikan kekuatan dan fleksibilitas otot yang menegang akibat proses melahirkan. Anda akan merasa lebih rileks dan lebih bersemangat apabila melakukan latihan ini secara rutin dan teratur.

  • Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan mengandung serat

Untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah melahirkan harus ditunjang dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Selain itu, Anda juga harus mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat seperti buah-buahan dan sayuran. Makanan yang mengandung serat akan memberikan tambahan energi dan melancarkan sistem pencernaan. Kebutuhan cairan juga harus terpenuhi supaya terhindar dari dehidrasi dan mempercepat pemulihan kondisi tubuh pasca melahirkan.

  • Melakukan pemijatan

Mengembalikan kebugaran tubuh bisa juga dengan melakukan pemijatan. Setelah melahirkan biasanya  seorang ibu mengeluhkan rasa pegal pada bagian betis dan paha akibat otot-otot yang menegang pada waktu melahirkan. Pemijatan yang tepat akan membantu mengembalikan kebugaran tubuh setelah melahirkan.

Related Posts

Share This