Mengatur Pola Makan Anak Sejak Usia Dini

Setiap orangtua tentunya mengharapkan anak yang memiliki tumbuh kembang baik dengan tubuh yang sehat. Permasalahan utama yang sering dihadapi oleh kebanyakan orangtua yaitu kebiasaan anak yang susah makan sehingga hal ini pastinya akan berpengaruh terhadap kesehatan anak. Banyak faktor yang bisa mengakibatkan si kecil susah makan. Salah satunya yaitu bosan dengan makanan yang sama ataupun adanya penyakit tertentu yang mengakibatkan nafsu makan si kecil menurun.

Mengatur Pola Makan Anak

Dalam hal ini Anda harus segera mengatasi permasalahan tersebut untuk mennjang tumbuh kembang si kecil. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan dalam menunjang perkembangan si kecil yaitu dengan menerapkan pola makan sehat. Kebiasaan ini harus Anda terapkan sejak masih bayi sehingga akan menjadi kebiasaan ketika anak tumbuh dewasa.

Berikut Aturan Dalam Menerapkan Pola Makan Sehat Untuk Bayi Dalam Menunjang Tumbuh Kembangnya

  1. Makanan buatan sendiri

Makanan buatan sendiri dianggap paling efektif untuk bayi daripada makanan kemasan. Hal ini karena makanan yang dibuat sendiri lebih terjamin kebersihan dan keamanannya. Makanan yang dibuat sendiri tentunya menggunakan bahan yang alami tanpa campuran bahan kimia atau pengawet yang bisa membahayakan kesehatan bayi. Akan tetapi apabila Anda ingin memberikan makanan kemasan maka sebaiknya lebih teliti dalam memilih jenis makanan yang aman dan terbebas dari bahan pengawet atau penyedap rasa.

  1. Kenalkan sayur sebelum buah

Pada waktu memperkenalkan makanan padat pertama untuk bayi sebaiknya Anda menawarkan sayur terlebih dahulu. Sayur bisa Anda tambahkan ke dalam bubur sehingga bayi bisa memakannya. Sayur yang Anda berikan sebaiknya dihaluskan karena bayi belum mempunyai kemampuan untuk mengunyah makanan. Jenis sayuran yang bisa Anda kenalkan yaitu kentang, labu atupun wortel. Dalam hal ini dibutuhkan kesabaran karena pada awal-awal mungkin bayi akan menolak makanan baru yang Anda berikan.

  1. Jadwal makan

Anda harus membuat jadwal makan untuk si kecil. Jadwal makan yang teratur sangat berguna bagi si kecil sebagai alarm untuk mengetahui kapan dia sedang lapar dan kenyang. Jadwal makan untuk si kecil bisa Anda terapkan ketika usianya menginjak 8 bulan. Biasakan untuk memberikan si kecil sarapan pagi, cemilan sehat, makan siang, selingi dengan cemilan lagi dan terakhir makan malam.

  1. Jumlah makanan

Berikan porsi makan untuk si kecil disesuaikan dengan tahapan usianya. Pada waktu pertama kali memberikan makanan padat, berikan sesuap demi sesuap sampai si kecil terbiasa untuk mengkonsumsi makanan tersebut. Jangan pernah memaksa si kecil untuk makan dalam porsi banyak karena bayi membutuhkan waktu untuk beradaptasi.

  1. Makanan bergizi

Ketika bayi sudah menginjak usia 1 tahun maka Anda sudah bisa memperkenalkan makanan tambahan yang bergizi seperti telur, selai kacang maupun ikan. Anda bisa memilih ikan jenis salmon atau tuna yang memiliki kandungan lemak omega-3 untuk mendukung perkembangan otak si kecil. Makanan bergizi harus menjadi prioritas utama untuk si kecil dalam menunjang perkembangannya. Usahakan untuk selalu manyajikan makanan yang beragam sehingga kebutuhan nutrisi untuk si kecil di setiap tahap pertumbuhannya akan tercukupi.

Pola makan sehat yang diterapkan sejak dini akan menjadi sebuah kebiasaan bagi anak di masa mendatang. Selain itu menerapkan pola makan sehat sejak bayi sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil sehingga menunjang tumbuh kembangya.

Related Posts

Share This