Mengatasi Rasa Takut Yang Berlebih Pada Anak

Rasa takut atau rasa tidak aman yang muncul dalam diri seorang anak adalah sebagai bentuk tanggapan emosi terhadap suatu ancaman. Ketakutan adalah bentuk emosi dasar seperti halnya kebahagiaan, kemarahan atau kesedihan. Rasa takutĀ  merupakan hal yang wajar apabila tidak terjadi secara berlebihan.

Mengatasi Rasa Takut Pada Anak

Ketakutan yang dialami oleh anak akan menyebabkan rasa tidak nyaman dan kepanikan. Jenis ketakutan yang biasanya dialami oleh anak yaitu takut akan kegelapan, perpisahan dengan orangtua taupun takut dengan orang baru. Rasa takut yang berlebih akan berdampak buruk terhadap perkembangan psikologis anak. Maka dari itu Anda sebagai orangtua harus membantu anak untuk mengatasi rasa takut supaya tumbuh kembangnya tidak terganggu.

Cara Mengatasi Ketakutan Yang Berlebih Pada Anak

  • Memberikan penjelasan pada anak

Pada sebagian kasus, anak-anak merasa ketakutan ketika bertemu dengan orang baru. Kejadian seperti ini tentunya sangat berbahaya bagi kemampuan sosial anak. Hal ini akan menutup interaksi anak dengan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, Anda harus memberikan penjelasan pada anak tentang arti ketakutan yang sebenarnya dalam batas wajar. Pada dasarnya rasa takut yang dimiliki oleh anak-anak dan orang dewasa memiliki perbedaan. Jelaskan juga pada anak untuk menempatkan rasa takut yang masuk akal.

  • Jangan membicarakan rasa takut yang dialami anak

Anda jangan pernah membicarakan ketakutan yang dialami oleh anak kepada orang lain. Hal ini akan membuat anak merasa di hina dan diolok-olok sehingga membuat anak menjadi minder. Ketakutan yang dialami oleh anak sebaiknya menjadi rahasia Anda dan segera atasi dengan cara menumbuhkan rasa percaya diri dalam diri anak.

  • Jangan menertawakan ketakutan

Pada waktu anak Anda ketakutan, sebaiknya jangan pernah menertawakan atau meremehkan rasa takut tersebut. Kebiasaan menertawakan ketakuatan yang dialami oleh anak akan berimbas terhadap perkembangan psikologis anak. Anda sebaiknya memberikan rasa aman pada anak ketika mengalami ketakutan. Dengan begitu perlahan-lahan rasa takut tersebut akan mudah untuk dikendalikan.

  • Perbanyak interaksi dengan lingkungan sekitar
Baca Juga:  Gangguan Psikologis Yang Terjadi Pada Anak-Anak

Pada dasarnya ketakutan yang dirasakan oleh anak bersifat wajar seperti takut untuk berpisah dengan orangtuanya. Untuk mengatasi rasa takut tersebut berikan penjelasan pada anak sebelum Anda meninggalkannya sehingga anak akan merasa tenang. Selain itu, libatkan banyak orang untuk melatih kemampuan anak dalam berinteraksi dan menghilangkan rasa takut. Interaksi dengan orang banyak mampu menghilangkan rasa takut secara perlahan.

  • Lakukan dengan penuh kesabaran

Dalam mengatasi rasa takut yang berlebih pada anak, Anda membutuhkan waktu dan kesabaran. Anak-anak membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan yang dianggapnya menakutkan. Maka dari itu Anda harus memberikan penjelasan yang masuk akan dalam mengatasi rasa takut tersebut.

Nah, demikian cara yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi rasa takut pada anak. Dalam hal ini Anda harus bersabar dan memberikan penjelasan yang masuk akal pada anak mengenai ketakutan yang dirasakannya. Selain itu Anda juga harus menumbuhkan rasa percaya diri dan memberi rasa aman pada anak sehingga perlaha-lahan ketakutan tersebut akan hilang.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517