Mengatasi Pilek Pada Bayi yang Bisa Bunda Lakukan Di Rumah

Halo bunda! Jika si kecil saat ini tengah mengalami sakit pilek atau bahkan hidung yang tersumbat, maka bunda bisa mengatasi pilek pada bayi dengan cara yang sederhana yang bisa bunda lakukan di rumah tanpa harus pergi ke dokter.

Mungkin ketika si kecil terserang pilek, bunda akan merasa khawatir dan cemas, karena ketika itu si kecil akan mengalami kesulitan untuk tidur, rewel, atau bahkan si kecil juga akan mengalami kesulitan untuk bernafas. Dengan beitu, bunda harus mengetahui cara yang tepat dan aman guna mengatasi bayi pilek.

Perlu bunda ketahui, bahwa ada beberapa cara alami yang bisa bunda lakukan guna mengatasi pilek pada bayi yang aman. Berikut ini beberapa cara mengatasi bayi pilek, yaitu sebagai berikut:

Penguapan secara alami

Salah satu cara untuk mengatasi pilek yang terjadi pada bayi yaitu dengan cara penguapan secara alami atau disebut dengan inhalasi. Bunda bisa melakukan cara alami ini di rumah dengan cara yang sederhana. Dan cara yang bisa bunda lakukan yaitu memberikan uap yang berasal dari air panas yang memang telah bunda tetesi dengan minyak telon.

Nah, cara ini terbilang mudah, karena bunda hanya perlu meletakkan ember kecil yang berisikan air panas serta yang telah bunda tetesi sedikit minyak telon di pojokan ruangan. Setelah itu, biarkan si ekcil menghirup uap yang berasal dari air panas tersebut. Dan hal ini bisa membantu si kecil dalam melegakan hidung yang tersumbat.

Hangatkan tubuh bayi

Ketika si kecil mengalami pilek, maka bunda sebaiknya selalu memberikan rasa hangat kepada si kecil. Karena hal ini bisa melegakan pernapasan juga memberikan rasa nyaman kepada si kecil. Caranya cukup mudah, bunda bisa memandikan si kecil dengan menggunakan air hangat, setelah itu jemur si kecil ketika matahari muncul di pagi hari.

Pijat hidung bayi anda

Ketika si kecil terserang penyakit pilek, bunda bisa memberikan pijatan dengan lembut pada hidung si kecil, pijatlah dengan lembut di bagian atas hidung juga alis dengan sedikit memberikan olesan minyak telon, cara ini sangat membantu si kecil dalam melegakan hidungnya yang tengah tersumbat, agar lendir yang ada di dalam hidung bisa keluar dengan cepat. Selain cara itu, bunda juga bisa menekan secara lembut bagian hidung si kecil dengan menggunakan sapu tangan atau bahkan cotton bud.

Atur posisi tidur pada bayi

Bunda bisa mengatur posisi tidur si kecil ketika ia mengalami hidung yang tersumbat, cara ini patut bunda lakukan guna melegakan sistem pernapasan si kecil. Bunda bisa memiringkan badan bayi ketika ia tidur, jadi ketika keadaan hidung kiri yang tersumbat maka bunda bisa memiringkannya ke kanan, begitupula sebaliknya jika hidung kanan yang tersumbat bunda bisa memiringkan si kecil ke kiri. Namun dengan catatan posisi kepala si kecil lebih tinggi dibandingkan dengan posisi badan si kecil.

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa bunda lakukan guna mengatasi pilek pada bayi, semoga cara sederhana ini bisa membantu bunda dalam mengatasi hidung tersumbat yang dialami si kecil.

Related Posts

Share This