Mengatasi Perasaan Yang Tidak Stabil Pada Waktu Hamil

Adanya pengaruh hormon yang menyebabkan terjadinya perubahan pada tubuh, seringkali membuat perasaan ibu hamil menjadi tidak stabil dan lebih sensitif. Selain itu, ibu hamil cenderung lebih moody. Perubahan hormone memegang kendali penting dalam mempengaruhi perasaan dan suasana hati ibu hamil. Meskipun hal tersebut bersifat wajar, akan tetapi kondisi tersebut bisa memicu stress pada ibu hamil apabila tidak segera ditangani. Maka dari itu, dukungan dari suami dan keluarga sangat diperlukan supaya ibu hamil tidak merasa sendirian dalam menjalani proses kehamilan.

Mengatasi Perasaan Yang Tidak Stabil Pada Waktu Hamil

Cara Mengontrol Perasaan Yang Tidak Stabil Selama Menjalani Kehamilan

Menciptakan suasana hati yang tenang. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perasaan yang tidak stabil yaitu dengan menciptakan suasana hati yang tenang. Apabila Anda merasa yakin dan tenang dalam menjalani kehamilan maka akan terhindar dari perasaan stress yang bisa membahayakan perkembnagan janin. Untuk menciptakan suasana hati yang tenang, Anda bisa mendengarkan musik klasik ataupun musik yang bernada lembut. Selain bermanfaat bagi ketenangan pikiran, musik juga berguna untuk mendukung perkembangan janin di dalam kandungan. Selain itu, untuk memperoleh ketenangan pikiran dan mengatasi perasaan yang moody, Anda bisa mengikuti kelas yoga khusus ibu hamil ataupun latihan meditasi. Hal yang perlu Anda ketahui yaitu pikiran yang tenang akan membuat pertumbuhan janin tidak akan mengalami gangguan, akan tetapi sebaliknya apabila pikiran stress maka pertumbuhan janin di dalam kandungan tidak akan optimal sehingga berpotensi bayi lahir prematur.

Sharing dengan orang terdekat atau dengan orang yang berpengalaman. Perasaan yang berubah-ubah selama hamil merupakan hal yang wajar. Tapi hal tersebut tidak boleh dibiarkan karena akan berdampak buruk pada kehamilan. Pikiran negatif dan perasaan yang moody  biasanya muncul akibat dari terlalu lama menghabiskan waktu sendirian sehingga menimbulkan perasaan bosan. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya Anda lebih banyak berinteraksi dengan ibu-ibu yang lain atau banyak bercerita kepada orang terdekat terutama suami. Lebih banyak berinteraksi dengan orang yang sudah berpengalaman masalah kehamilan akan menambah pengetahuan dan membuat perasaan Anda menjadi lebih tenang dalam menjalani kehamilan.

Merencanakan segala sesuatu dengan baik. Salah satu pemicu perasaan yang tidak stabil dan moody pada ibu hamil adalah belum adanya persiapan dan perencanaan menjelang persalinan. Kondisi tersebut menyebabkan perasaan ibu hamil menjadi cemas, kebingungan dan tegang. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya Anda membicarakannya dengan suami dan membuat perencanaan yang matang menjelang persalinan. Selain itu, Anda juga bisa meregangkan otot-otot dan membuat pikiran tenang dengan cara mengikuti kelas yoga atau latihan meditasi. Manfaat yang bisa Anda rasakan dari latihan meditasi yaitu pikiran akan menjadi rileks dan suasana hati yang nyaman dalam menjalani kehamilan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517