Mengatasi Kebiasaan Mengompol Pada Anak

Anak-anak usia dibawah 6 tahun biasanya masih memiliki kebiasaan mengompol ketika tidur. Kondisi ini merupakan hal yang wajar dialami oleh setiap anak. Namun kebiasaan tersebut sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja dan harus segera ditangani. Mengatasi kebiasaan mengompol memang bukan perkara yang mudah sehingga dibutuhkan kerjasama dan kesadaran antara orangtua dengan anak. Kebiasaan mengompol pada anak adalah hal yang tidak di sadari dan sulit untuk dikontrol karena terjadi begitu saja.

Menurut para ahli, kebiasaan mengompol pada anak bisa digolongkan menjadi dua yaitu secara primer yang dialami oleh anak dibawah usia 6 bulan dan terjadi secara alami tanpa ada gangguan medis. Sedangkan secara sekunder yaitu terjadi pada usia diatas 6 bulan dan bisa diakibatkan oleh infeksi saluran kemih, kelainan tulang belakang, tekanan berlebih pada tulang belakang dan gangguan metabolik. Selain itu, kebiasaan mengompol bisa diakibatkan oleh faktor psikologis seperti stress.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kebiasaan anak yang masih mengompol ketika tidur. Salah satunya yaitu dengan membiasakan anak pipis sebelum tidur dan jangan memberikan minum terlalu banyak sebelum anak tidur. Dengan begitu kemungkinan anak untuk mengompol pada waktu tidur sangat kecil.

Kiat Mengatasi Kebiasaan Mengompol Pada Anak

Kebiasaan anak yang sering mengompol pada waktu tidur tentunya membuat orangtua kerepotan. Selain itu, apabila kebiasaan ini tidak segera diatasi maka dikhawatirkan akan terbawa sampai remaja atau bahkan ketika dewasa.  Oleh karena itu sebaiknya Anda segera menangani hal tersebut dengan mempraktekan tips berikut ini.

  • Jika anak Anda mempunyai kebiasaan mengompol pada malam hari sebaiknya jangan mengejek dan memarahinya. Hal ini karena bisa membuat anak merasa malu dan tertekan. Anda sebagai orangrtua sebaiknya memberikan nasihat pada anak. Selain itu mulailah mengajarkan kebiasaan baik pada anak untuk pipis terlebih dahulu sebelum tidur.
  • Pastikan anak Anda pipis sebelum pergi tidur. Kebiasaan ini dinilai ampuh dalam meminimalisir kebiasaan mengompol pada waktu tidur.
  • Jangan pernah membandingkan dengan anak lain dan membuat anak Anda merasa malu karena bisa berdampak buruk terhadap kondisi psikologisnya. Namun jika anak Anda sudah perlahan menghilangkan kebiasaan mengompol, berikan penghargaan berupa pujian atau hadial kecil. Dengan begitu anak akan terbiasa untuk menahan dan emnghilangkan kebiasaan mengompol pada waktu tidur.
  • Ajarkan tanggung jawab pada anak dengan cara meminta anak untuk melapisi tempat tidurnya dengan karpet sehingga ketika ngompol tidak akan tembus ke dalam kasur. Dengan begitu anak akan lebih bertanggung jawab untuk merapikan tempat tidurnya dan berusaha supaya tidak mengompol pada waktu tidur.
  • Apabila usia anak sudah menginjak 6 atau 7 tahun dan masih mempunyai kebiasaan mengompol pada waktu tidur, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Tujuannya yaitu untuk mendeteksi apakah terdapat penyebab lain atau masih bersifat wajar.

Demikian tips untuk mengatasi kebiasaan anak yang sering ngompol pada waktu tidur. Semoga artikel yang penulis sajikan bermanfaat bagi Anda dalam mengatasi kebiasaan tersebut.

Related Posts

Share This