Mengatasi Kebiasaan Kakak Adik Yang Sering Bertengkar

Perselisihan antara kakak dan adik bukan hal yang aneh lagi. Biasanya pertengkaran yang terjadi diakibatkan oleh hal-hal yang sepele seperti berebut mainan atau sekedar berbeda pendapat. Sebenarnya apabila dilihat dari sisi positif, pertengkaran yang terjadi antara kakak dan adik sebagai ajang latihan bagi anak untuk menangani konflik. Namun kebiasaan tersebut terkadang membuat Anda kerepotan dan tak jarang memancing emosi.

Dalam menghadapi anak yang mempunyai kebiasaan bertengkar sebaiknya Anda jangan memihak pada salah satunya karena bisa menimbulkan kecemburuan sosial. Anda di tuntut untuk bersikap netral dan membuat keadaan menjadi lebih tenang. Menghadapi kakak adik yang sering bertengkar dan membuat mereka akur memang bukan hal yang mudah dan membutuhkan kesabaran.

Strategi Dalam Menghadapi Anak Yang Sering Bertengkar

  • Mengalihkan perhatian

Jika kakak adik sedang berselisih, Anda bisa mengalihkan perhatian mereka untuk menghentikan pertengkaran tersebut. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan meminta bantuan untuk melakukan pekerjaan yang sedang Anda lakukan. Dengan begitu perhatian mereka akan teralihkan sehingga melupakan perselisihan yang sedang terjadi. Secara tidak sadar mereka akan kembali akur seperti tanpa ada masalah yang terjadi sebelumnya.

  • Mengontrol emosi

Dalam menghadapi kakak adik yang sering bertengkar, Anda dituntut untuk bersikap tenang dan tidak terpancing emosi. Jangan pernah memarahi salah satu anak karena bisa menyebabkan tekanan mental dan menimbulkan kecemburuan sosial. Anda harus bersikap sebagai penengah dan tidak memihak salah satu anak. Tindakan seperti itu akan mengajarkan anak bahwa pertengkaran bukan hal yang baik dan tidak akan ada yang membantu untuk melakukan hal tersebut.

  • Memberi solusi

Jika anak Anda sering bertengkar maka sebaiknya amati terlebih dahulu faktor penyebab pertengkaran tersebut. Setelah Anda mengetahuinya maka langkah selanjutnya yaitu memberikan solusi terbaik untuk kakak adik sehingga menghentikan perselisihan tersebut. Ketika kakak dan adik menginginkan benda yang sama maka berikan pengertian pada mereka untuk saling berbagi.

  • Jangan menjadi penonton

Perlu Anda ketahui bahwa pertengkaran yang dilakukan oleh kakak adik biasanya dilakukan untuk mendapatkan perhatian dari Anda sebagai orangtuanya. Oleh karena itu sebaiknya Anda jangan menjadi penonton ketika anak bertengkar karena hal tersebut akan memicu pertengkaran yang lebih lama. Cobalah untuk melerai pertengkaran tersebut atau tinggalkan mereka untuk sementara waktu.

  • Mengajari anak untuk menyelesaikan masalah

Anda dapat mengajarkan anak untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang baik. Ajaklah mereka berdua untuk duduk bersebelahan kemudian tanyakan pada mereka apa yang menjadi penyebab pertengkaran. Selanjutnya berikan nasehat dan solusi yang bisa menyelesaikan masalah tersebut. Seiring dengan bertambahnya usia anak, ajarkan mereka untuk menyelesaikan maslahnya sendiri.

Pada dasarnya pertengkaran yang terjadi antara kakak dan adik tidak akan berlangsung lama. Dengan sendirinya perselisihan diantara mereka akan mereda dengan sendirinya. Untuk menangani perselisihan tersebut, Anda dituntut untuk bersikap lebih bijak dan tidak memihak. Selain itu, berikan penjelasan serta nasihat pada anak bahwa perbuatan tersebut tidak terpuji dan tidak dianjurkan kerena bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517