Mengasuh Anak Dengan Penuh Kasih Sayang

Merawat dan membesarkan anak bukanlah hal yang mudah, apalagi bagi pasangan yang baru pertama kali memiliki buah hati. Tugas baru dalam membesarkan anak menjadi tantangan dan tugas baru yang penuh dengan tanggung jawab. Apabila tidak di tangani dengan benar dan tidak mempunyai pengetahuan tentang merawat bayi, hal ini akan menjadi rutinitas baru yang membuat seorang ibu atau ayah menjadi stres. Tugas utama orang tua adalah merawat dan membesarkan bayi dengan penuh kasih sayang dan didikan yang baik.

Hal paling penting yang perlu dilakukan oleh pasangan suami istri dalam merawat dan membesarkan bayi adalah membagi tugas serta peran. Mengasuh anak jangan hanya menjadi beban dan tanggung jawab istri saja, akan tetapi alangkah baiknya apabila tugas ini di lakukan bersama-sama sehingga tidak akan menjadi beban berat yang bisa memicu stres.

Mengasuh Anak Dengan Penuh Kasih Sayang

  • Menjadikan persalinan sebagai pengikat (hubungan awal dengan bayi)

Berperan aktif dalam mengatur persalinan dan bertanggung jawab dalam proses kelahiran anak akan menjadi awal bagi anda untuk menunjukan kasih sayang bagi buah hati anda. Memperkaya diri dengan berbagai macam pengetahuan tentang merawat dan membesarkan bayi akan menjadi bekal dalam merawat bayi setelah lahir.

Awal kelahiran merupakan waktu yang sensitif, waktu dimana ibu dan bayi bersama-sama. Kedekatan awal ini akan menumbuhkan serta meningkatkan rasa kasih sayang yang alamiah serta naluri keibuan bagi seorang wanita. Rasa kasih dan sayang yang diberikan sejak dini akan sangat berguna untuk pertumbuhan bayi.  saling keterikatan antara ibu dan bayi akan membuat anda tidak terbebani dalam merawat dan membesarkan si kecil.

  • Menggendong bayi

Bayi yang digendong akan jarang sekali menangis atau merepotkan sebab bayi akan merasa lebih bahagia. Selain itu, bayi yang sering di gendong pertumbuhan dan perkembangannya akan lebih cepat. Hal ini di karenakan bayi yang sering digendong jarang menangis sehingga energi yang dimiliki oleh bayi lebih banyak digunakan untuk tumbuh dan berkembang, berbeda dengan yang jarang digendong energinya lebih banyak terpakai untuk menangis dan rewel.

  • Memahami tangisan dan isyarat bayi

Seorang ibu memiliki sistem yang bersifat intuitif dalam diri mereka yang akan bereaksi dan mengerti dengan isyarat bayi. ibu dan bayi membangun dan mengembangkan suatu jaringan untuk berkomunikasi. Beberapa bayi akan memberikan isyarat dengan jelas dan ada juga yang tidak jelas yang sulit untuk dipahami oleh seorang ibu.

Hubungan yang baik akan terjalin antara ibu dan bayi apabila anda sebagai seorang ibu bersikap responsif dan terbuka dengan apa yang bayi inginkan. Ketika bayi menangis dan anda tidak menanggapinya sampai bayi diam itu akan membuat bayi tidak akan menjadi anak yang baik dan bayi akan merasa berkecil hati dan merasa tidak diperhatikan dengan apa yang mereka mau. Bayi akan mempelajari suatu hal bahwa keinginan dan kebutuhannya tidak dapat anda penuhi. Tangisan bayi merupakan suatu isyarat dan bahasa yang dirancang sebagai kemampuan dalam bertahan hidup dan perkembangan bayi serta kemampuan daya tanggap orang tua.

  • Menyusui bayi

Menyusui bayi merupakan hal yang sangat penting karena ASI sangat bagus untuk kesehatan dan perkembangan bayi. Selain itu, menyusui bayi juga merupakan bentuk kasih sayang seorang ibu terhadap bayinya dan dengan menyusui akan semakin menumbuhkan ikatan antara ibu dan bayi.

  • Tidur dengan bayi

Gaya pengasuhan sangat beragam seperti tidur bersama dengan bayi mungkin akan lebih menimbullkan rasa kasih sayang dan bayi akan merasa nyaman serta merasa terlindungi dengan adanya anda di samping bayi.

Related Posts

Share This