Mengapa Sakit Perut Saat Haid Pada Wanita Selalu Berbeda?

Banyak diantaranya kaum wanita yang kerap kali merasakan sakit perut saat haid, yang mana rasa sakit ini kerap kali di rasakan sangat tidakbisa tertahankan yang disertai rasa lesu. Dan kerap kali kondisi ini membuat kaum wanita terganggu dalam menjalankan aktivitas hariannya. Namun di samping itu, ada juga beberapa diantaranya yang merasa baik-baik saja ketika tengah menjalankan menstruasi, tanpa merasakan sakit sedikitpun.

Bagaimana dengan kondisi seperti itu? Memang benar, kondisi menstruasi yang dialami oleh setiap wanita pastinya berbeda-beda. Kaum wanita yang memang memiliki kondisi mdis endometriosis biasanya akan merasaka sakit perut yang teramat sakit ketika menstruasi. Sementara itu, kaum wanita yang ada dalam kondisi sehat juga bisa mengalami kondisi yang serupa seperti yang dialami oleh wanita yang menderita endometriosis.

Namun, apa alasannya menstruasi yang dialami oleh beberapa wanita bisa terasa sangat menyakitkan? Dan berikut ini beberapa alasan yang memang harus Anda ketahui, yaitu sebagia berikut:

1. Diet buruk

Cara menurunkan berat badan atau diet secara tidak sehat juga bisa berdampak buruk terhadap masa menstruasi Anda. Bahkan sebuah studi juga menyebutkan, bahwa anak perempuan yang masih berusia sekolah yang mana lebih banyak mengkonsumsi junk food lebih cenderung akan mengalami hal buruk ketika mereka menstruasi kelak. Sementara itu, ada juga penelitian lain yang menyebutkan, mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang baik seperti omega-3 juga kalsium diyakini mampu mengurangi rasa sakit ketika menstruasi.

2. Usia

Pada kondisi beberapa kaum wanita yang tengah menginjak usia 40-50 tahun, kerap kali mengalami menstruasi yang dirasa sangat tidak nyaman. Hal ini dikarenakan mereka yang mulai memasuki masa perimenopaus, yakni sebuah tahapan sebelum masa menopause terjadi.

3. Kurang atau berlebihan berolahraga

Kaum wanita yang jarang atau bahkan berlebihan dalam menjalankan aktivitas olahraga kerap kali akan mengalami rasa sakit atau bahkan perasaan tidak nyaman ketika mereka menstruasi. Nah, guna mengurangi rasa sakit ketika menstruasi, maka Anda dianjurkan untuk melakukan olahraga secukupnya, tidak berlebihan juga tidak sama sekali. Karena tujuan olahraga disini bukan hanya menyehatkan tubuh, namun juga memperlancar sistem aliran darah ketika menstruasi, agar Anda tidak merasakan sakit.

4. Hal serius terjadi

Rasa sakit dan tidak nyaman ketika menstruasi juga bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor patologis yang terjadi di dalam rahim seseorang. Bahkan, rasa sakit menstruasi ini bisa terjadi karena kondisi fibroid atau polip yang Anda alami. Ketika kondisi tersebut Anda alami secara terus-menerus dan tidak bisa Anda tahankan lagi, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri pada dokter, agar Anda bisa mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Related Posts

Share This