Mengapa Perut Panas Saat Hamil?

Keadaan perut panas saat hamil kerap kali di istilahkan dengan heartburn, yaitu suatu keadaan atau kondisi yang lumrah terjadi di masa kehamilan. Perut panas saat hamil atau heartburn ini bisa berlangsung di semua periode kehamilan, dimulai dari usia trimester pertama sampai ketika akan menjelang proses persalinan. Hal ini dikarenakan sebagai kondisi yang umum terjadi, maka sebaiknya ibu hamil tidak perlu untuk mengkhawatirkan keadaan tersebut.

Perlu Anda ketahui, bahwa ada beberapa alasan yang mendasari terjadinya perut panas saat hamil muda. Dan salah satu penyebab yang palibng umum terjadi yaitu adanya proses produksi progesteron yang semakin meningkat. Adanya elastitas bagian rongga perut yang memang memberi ruang bayi untu tumbuh bisa membuat asam lambung menjadi naik, sehingga bisa menyebabkan perasaan sebah, penuh juga panas. Perasaan panas di dalam perut selama kehamilan akan semakin sering terjadi seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Namun walaupun demikian, rasa panas akan menghilang dengan sendirinya ketika usia kehamilan sudah tua, karena keadaan tubuh ibu hamil sudah bisa menyesuaikan diri.

Dan biasanya, segeal susu putih atau bahkan air mineral bisa meneradakan perut terasa panas saat hamil. Namun jika tetap berlangsung, maka Anda bisa mencoba untuk melakukan beberapa cara guna menghilangkan perasaan panas di perut tersebut, yaitu sebagai berikut:

  1. Ketika perut terasa panas saat hamil, maka Anda bisa mengunyah permen yang terbebas dari gula guna meningkatkan produksi air liur agar asam lambung Anda bisa ternetralisir.
  2. Anda juga harus menghindari makanan yang memiliki rasa pedas, terlalu asam, terlalu berlemak, atau bahkan berbumbu tajam.
  3. Anda juga harus menghindari mengkonsumsi kopi juga coklat.
  4. Anda harus memperbanyak mengkonsumsi serat, misalkan mengkonsumsi buah, gandum juga sayuran.
  5. Anda bisa makan dalam jumlah porsi yang sedikit namun sering, hal ini jauh lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan Anda makan dalam porsi yang banyak namun satu kali.

Jika keadaan perut panas saat hamil tak kunjung hilang, atau bahkan semakin menjadi dengan perasaan seperti terbakar atau bahkan perasaan yang sangat mengganggu Anda, maka Anda dianjurkan untuk berkonsultasi kepada dokter atau bidan kandungan guna memecahkan permasalahan kandungan Anda. Siapa tahu ada penyebab lainnya yang menyebabkan perasaan panas muncul di masa kehamilan, dan itu bukan hanya sekedar perut panas saat hamil.

Itulah beberapa hal mengenai perut panas saat hamil atau heartburn beserta cara mengatasinya. Semoga dengan adanya tips yang kami berikan kali ini bisa sangat membantu Anda terutama ibu hamil dalam mengatasi perut panas saat hamil. Kami ingatkan sekali lagi, jika perut panas saat hamil tidak kunjung mereda, maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi kepada dokter guna mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Related Posts

Share This