Mengapa Bayi 9 Bulan Belum Bisa Duduk?

Memang benar, orang tua sangat berharap kalao si kecil sudah mulai bisa duduk dang merangkak ketika usianya 6-9 bulan. Namun apa yang bunda dapatkan, bayi 9 bulan belum bisa duduk dan merangkak. Mungkin saat ini si kecil masih belum bisa duduk ataupun merangkak, namun bunda tidak perlu merasa khawatir, mengapa? Karena setiap anak pastinya memiliki variasi dalam mencapai setia perkembangannya.

Mungkin banyak diantaranya bunda yang bertanya, kenapa bayi 9 bulan belum bisa merangkak ataupun duduk? Sebenarnya, untuk perkembangan si kecil yang optimal, mereka sangat membutuhkan peranan bunda juga setiap orang yang berada di sekitarnya untuk merangsang perkembangannya, caranya yaitu dengan memberikan stimulasi atau bantuan dengan cara periodic juga teratur.

bayi 9 bulan belum bisa duduk

Satu hal yang harus bunda ingat, jika bunda menginginkan si kecil tumbuh kembang dengan baik, maka bunda harus memberikan stimulasi tersebut secara rutin juga bertahap. Sehingga yang asalnya bayi 8 bulan belum bisa duduk, bisa segera duduk juga merangkak.

Pada usia 9 bulan, seharusnya si kecil sudah mulai bisa melakukan beberapa hal, seperti:

  1. Duduk (sikap tripod) sendiri
  2. Belajar berdiri, kedua kakinya menyangga sebagian berat badan
  3. Merangkak meraih mainan atau mendekati seseorang
  4. Memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lainnya
  5. Memungut 2 benda, masing-masing tangan memegang 1 benda bersamaan.
  6. Memungut benda sebesar kacang dengan cara meraup
  7. Bersuara tanpa arti, mamama, bababa, dadada, tatata
  8. Mencari mainan / benda yang dijatuhkan
  9. Bermain tepuk tangan / cilukba
  10. Bergembira dengan melempar benda
  11. Makan kue sendiri.

Saat ini bunda mengatakan kalau si kecil masih belum bisa duduk dengan sendiri atau bahkan merangkak. Nah, pada poin ini, bunda harus memperhatikan aspek dari perkembangan lainnya, apakah si kecil sudah bisa melakukann beberapa hal dalam daftar di atas. Jika belum, maka bunda bisa mengajarkan perkembangan si kecil dengan melakukan beberapa metode stimulasi yang dilakukan untuk perkembangan si kecil. Dan stimulasi gerakan kasar yang bisa bunda lakukan kepada bayi 9 bulan yaitu:

  1. Merangkak

Bunda bisa meletakkan sebuah mainan yang di sukai si kecil yang berada di luar jangkauannya, dan usahakan agar si kecil mau untuk merangkak kea rah mainan yang bunda simpan dengan menggunakan kedua tangan juga lututnya.

  1. Menarik ke posisi berdiri

Bunda bisa mendudukan si kecil di tempat tidur, setelah itu, tarik posisi si kecil yang duduk sampai berdiri. Setelah itu, bunda bisa melakukan hal tersebut di atas meja, kusri ataupun tempat lainnya yang aman untuk si kecil.

  1. Berjalan berpegangan

Ketika si kecil telah mampu untuk berdiribunda bisa meletakkan mainan yang ia sukai di atas kursi atau meja yang bisa di jangkau oleh si kecil. Buatlah si kecil agar mau berdiri dan berjalan dengan berpegangan pada benda yang ada di sekitarnya untuk meraih mainan yang ia sukai.

  1. Berjalan dengan bantuan

Peganglah kedua tangan si kecil, dan buatlah dia untuk mau melangkahkan kakinya.

Bunda bisa memulai untuk menerapkan berbagai stimulasi di atas guna merangsang gerak kasar si kecil. Dalam melakukan proses ini, bunda juga bisa meminta bantuan suami atau keluarga bunda.

Related Posts

Share This