Mengapa ASI Tidak Keluar?

Selama Anda membesarkan dan merawat buah hati Anda sendiri, maka kerap kali Anda akan dikejutkan oleh beberapa hal yang memang bisa membuat Anda kagum pada perkembangan si kecil. Bahkan si kecil bisa menjadi salah satu obat pelepas rasa lelah Anda dengan berbagai macam tingkah lakunya yang memang bisa membuat Anda terus terkagum-kagum. Namun walaupun seperti itu, ada diantaranya beberapa orang ibu yang merasa khawatir, karena sampai si kecil lahir ke dunia ini ibu masih sangat kesulitan dalam memberikan ASI eksklusif kepada si kecil, bahkan kerap kali ASI tidak keluar. Padahl ASI merupakan salah satu sumber nutrisi yang baik untuk buah hati Anda, dan bahkan pemberian ASI sangat di anjurkan untuk diberikan sampai usia si kecil 6 bulan, dan setelah itu si kecil boleh di perkenalkan dengan makanan pendamping ASI atau bahkan diperkenalkan dengan susu tambahan atau susu formula.

asi tidak keluar

Perlu diketahui, bahwa hambatan dalam memberikan ASI eksklusif kepada si kecil tidak hanya terjadi pada Anda saja, bahkan ada beberapa diantaranya ibu-ibu yang baru pertama kali memberikan ASI akan mengalami kondisi kesulitan dalam memberikan ASI ibu kepada si kecil. Lantas jika seperti itu, mengapa ASI tidak keluar, padahal sudah waktunya ASI keluar? Atau mungkin hal ini terpengaruhi oleh kesehatan ibu yang tengah terganggu? Jika demikian, bagaimana pengaruhnya terhadap si kecil?Untuk jawabannya, berikut ini ada penjelasan pengenai ASI tidak keluar pada ibu yang akan menyusui di minggu pertama kelahiran si kecil.

Baca juga : Tips Mengatasi ASI Tidak Keluar Setelah Melahirkan

Setiap ibu memiliki kemampuan yang berbeda dalam memberikan ASI kepada buah hatinya, namun umumnya seorang ibu akan memiliki kemampuan yang cukup baik untuk pasokan ASI. Bahkan ada beberapa diantaranya para ibu yang baru melahirkan memang baru bisa memberikan ASI kepada bayi ketika tiga atau empat hari setelah melahirkan. Namun walaupun demikian, umumnya kondisi seperti ini hanya akan dialami oleh ibu yang melahirkan bayi pertama saja.

Tanpa harus menggunakan alat, secara alami tubuh ibu akan langsung mampu memproduksi ASI, dikarenakan di dalam tubuh ibu terdapat sejumlah hormon yang baik setelah melahirkan. Produksi ASI memang dipengaruhi oleh hormon yang ada di dalam tubh, dan salah satunya yaitu hormon prolactin yang memang sudah ada sejak ibu hamil. Homrom jenis ini akan dihambat oleh hormon progestron ketika ibu tengah menjalani masa kehamilan, sehingga tidak akan menyebabkan produksi ASI keluar ketika seoarng ibu tengah hamil. Dan setelah ibu melahirkan, maka ibu baru bisa mengeluarkan dan memberikan ASI kepada bayi, walaupun terkadang akan merasa sulit dalam mengeluarkannya.

Nah, di bawah ini ada beberapa alasan mengapa asi tidak keluar setelah melahirkan, yaitu sebagai berikut:

  1. ASI tidak akan keluar ketika adanya bagian plasenta yang tertinggal di dalam ketika proses melahirkan selesai, sehingga hal ini bisa menyebabkan pendarahan pada bagian plasenta.
  2. Ibu yang melahirkan dengan cara operasi sesar yang memang tidak direncanakan sejak awal terkadang akan mengalami kesulitan dalam memproduksi ASI.
  3. Payudara yang mengalami pembengkakan sehingga hal ini bisa mengganggu produksi ASI untuk si kecil.
  4. Seorang ibu yang mengalami stress, dan jika hal ini terjadi maka produksi ASI akan terhambat hingga ASI tidak keluar.

Related Posts

Share This