Mengapa Anak Susah Makan Nasi?

Banyak diantaranya bunda yang mengeluhkan kalau anak susah makan, terutama susah makan nasi. Dan si kecil cenderung lebih suka mengkonsumsi makanan instan, seperti mi instan juga bubur instan. Lantas, jika hal ini terjadi, apa yang harus bunda lakukan? Apakah bunda akan membiarkan si kecil untuk memiliki kebiasaan seperti ini? Pastinya tidak.

Nah, jika anak susah makan nasi, yuk kita simak penjelasn dari  Dr.dr.Damayanti R.Sjarif, SpA, yaitu seoarng dokter spesialis anak yang berasal dari Subbagian Gizi dan Metabolik-Bagian Ilmu Kesehatan Anak, FKUI- RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

anak susah makan nasi

Sebetulnya, ada dua hal utama yang harus bunda ketahui, mengenai penyebab anak tidak mau makan nasi, dan bunda harus mencari cara mengatasi anak susah makan nasi. Penyebab pertama yaitu, di dasari oleh pengaruh proses makanan yang ia terima. Begini, dalam pemberian makanan terhadap anak, sebenarnya harus bunda lakukan dengan cara yang bertahap.  Misalnya yaitu, ASI eksklusif di berikan kepada si kecil ketika usia si kecil masih 0-4 bulan. Setelah usia si kecil menginjak usia 4-6 bulan, maka bunda bisa mengenalkannya dengan makanan pendamping ASI atau MPASI, seperti bubur susu. Dan ketika usia si kecil menginjak 6 bulan, maka bunda bisa mengenalkannya terhadap makanan yang memiliki tekstur yang sedikit kasar, misalkan nasi tim halus yang di campurkan dengan beragam jenis sayuran.

Ketika usia si kecil mencapai 9 bulan, maka bunda bisa mengenalkannya dengan makanan memiliki tekstur kasar namun masih belum seperti nasi, misalkan seperti nasi lembek atau bahkan nasi tim yang tidak di campur adukan dengan beragam jenis sayuran, namun bunda bisa memisahkan antara nasi dengan sayuran atau lauknya. Nah, jika si kecil tidak melewati fase pemberian jenis makanan seperti ini, maka hal ini akan menyebabkan si kecil yang tidak terlatih makan. Dan orangtua malah membiarkannya begitu saja. Padahal, maka juga merupakan suatu keterampilan yang harus di miliki oleh anak.

Jika si kecil tidak terlatih seperti itu, maka nantinya ia hanya akan langsung menelan makanannya tanpa di kunyah terlebih dahulu. Maka tidak heran, jika setelah itu anak akan menolak makanan yang padat seperti nasi. Dan ia akan jauh lebih suka mengkonsumsi makanan jenis instan.

Penyebab kedua si kecil tidak mau makan nasi yaitu karena pada dasarnya ia memang tidak suka nasi. Hal ini bisa saja terjadi karena tanpa adanya alasan yang jelas, dan si kecil memang benar-benar tidak menyukai nasi. Lagian, ketika bunda mencoba untuk memberikan makanan pengganti seperti mi, roti, atau bahkan kentang, dengan senang hati mereka akan menerimanya.

Nah, agar bunda bisa mengatasi hal ini, Dr. Damayanti menganjurkan kepada bunda, agar bunda lebih kreatif lagi dalam menyajikan makanan untuk si kecil. Bunda bisa membentuk makanan yang akan di berikan kepada si kecil dalam bentuk-bentuk karakter yang ia sukai, agar selera makan si kecil bisa kembali.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517