Mengajarkan Sikap Mandiri Pada Anak-anak

Mengajarkan sikap mandiri pada anak-anak sejak dini sangat penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan psikologis anak. Untuk mengajarkan sikap mandiri pada anak diperlukan cara khusus dan upaya tertentu yang akan membuat anak merasa mampu untuk melakukan kegiatan sendiri. Mengajarkan dan menanamkan sikap mandiri pada anak-anak tidak akan berhasil begitu saja, akan tetapi membutuhkan waktu dan proses. Selain itu, orangtua juga harus sabar dalam menghadapi sikap anak yang mungkin susah diatur.

Anak yang mandiri akan memiliki rasa percaya diri yang kuat dimanapun dia berada dan dalam kondisi apapun. Anak mandiri akan memiliki kemampuan dalam mengatasi berbagai permasalahan yang akan menghadangnya. Selain itu, anak mandiri juga akan memiliki kemampuan dalam mengahadapi permasalahan sehari-hari tanpa harus bergantung terhadap orangtua.

Mengajarkan Sikap Mandiri Pada Anak-anak

Mengajarkan kebiasaan  bersikap mandiri pada anak sejak dini bisa dimulai dari hal-hal yang kecil seperti mengajarkan kebiasaan makan sendiri, mandi sendiri dan ajarkan kebiasaan untuk menjaga kebersihan diri sendiri. Kebiasaan tersebut mungkin terlihat sepele akan tetapi cara tersebut sebagai langkah awal dalam membentuk karakter seorang anak untuk bersikap lebih bertanggung jawab.

Langkah Awal Mengajarkan Anak Untuk Bersikap Mandiri

Mengajari anak supaya makan sendiri

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menanamkan sikap mandiri pada anak yaitu dengan cara mengajari anak untuk makan sendiri. Langkah awal ini akan menanamkan kebiasaan pada anak untuk bersikap mandiri dalam memenuhi kebutuhan diri sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Pada awal-awal mengajari kebiasaan makan dan minum sendiri pada anak, Anda harus tetap melakukan pengawasan dan memastikan anak melakukan hal tersebut dengan cara yang benar.

Mengajari anak untuk membereskan tempat tidur

Langkah selanjutnya untuk menumbuhkan sikap mandiri pada anak yaitu mengajarkan kebiasaan untuk merapihkan tempat tidur sendiri. Sebelum menyuruh anak untuk melakukan hal tersebut, terlebih dahulu Anda bisa memberikan contoh untuk anak.

Ajarkan kebiasaan untuk menyimpan barang sesuai tempatnya

Ajarkan kebiasaan merapihkan barang-barang sesuai tempatnya pada anak-anak. Anak-anak biasanya memiliki kebiasaan buruk seperti mengambil barang tanpa mengembalikan ke tempat asalnya. Maka dari itu, sebagai langkah awal untuk menanamkan kebiasaan mandiri pada anak, Anda bisa mengajarkan kebiasaan pada anak untuk selalu merapihkan semua barang dan menyimpan kembali pada tempatnya. Cara ini akan menumbuhkan rasa tanggung jawab pada anak terhadap diri sendiri dan lingkungan.

Mengajarkan kebiasaan untuk melakukan persiapan sendiri sebelum pergi ke sekolah

Untuk menumbuhkan sikap percaya diri dan meminimalisir rasa ketergantungan anak terhadap orang lain, Anda bisa mengajarkan kebiasaan pada anak untuk melakukan persiapan sendiri sebelum pergi ke sekolah. Cara ini akan membuat anak lebih mandiri dan berguna bagi anak ketika sudah dewasa serta jauh dari orangtua. Suatu hari nanti anak akan memiliki kemampuan dalam mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi pada diri mereka tanpa harus bergantung pada orang lain.

Jangan terlalu memaksa dan membebani anak

Ketika melatih anak untuk hidup mandiri, Anda jangan terlalu memaksakan anak. Ajarkan semua kebiasaan tersebut dengan perlahan tanpa membebani perasaan anak. Menerapknan kebiasaan untuk hidup mandiri pada seorang anak tidak akan berhasil dengan cepat, akan tetapi membutuhkan waktu dan proses yang cukup panjang. Perkembangan anak berlangsung secara bertahap, maka dari itu ajarkan kebiasaan untuk hidup mandiri pada anak secara bertahap juga dengan penuh kesabaran.

Memberi contoh yang baik

Mengajarkan kebiasaan mandiri pada anak membutuhkan waktu dan prose. Maka dari itu Anda sebagai orangtua harus memberikan contoh pada anak supaya anak akan lebih mudah untuk beradaptasi dalam melakukan semua kegiatannya sendiri. Memberikan contoh yang nyata akan membuat anak-anak lebih mudah dalam mempelajari dan membentuk kepribadian yang lebih mandiri.

Secara umum, kemandirian anak bisa terlihat dari tingkah laku, interaksi sosial dan emosional anak. Anak yang mandiri akan memiliki kemampuan untuk berinteraksi dalam lingkungan baru tanpa harus di damping oleh orangtuanya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517