Mengajarkan Piano Untuk Anak, Cerdaskan Otaknya Saat Dewasa?

Memperkenalkan piano untuk anak merupakan salah satu hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Hal ini bisa melatih kemampuan serta bakat bermain musik pada anak. Bahkan mengajarkan piano untuk anak sejak dini bisa membawa manfaat yang lebih besar untuk tumbuh kembangnya. Menurut sebuah riset menunjukan bahwa anak-anak dibawah usia 7 tahun yang diajarkan bermain piano sejak dini cenderung memiliki otak yang lebih cerdas.

Bahkan  riset tersebut juga menemukan bahwa dengan bermain alat musik akan memperkuat sel-sel otak. Selain itu, bermain musik akan membuat anak merasa senang dan mengubah otak mereka menjadi lebih berpotensi. Anak yang mengenal musik sejak dini akan memiliki kemampuan dalam membuat konsep, manajemen waktu dan bahasa. Disamping itu, musik akan membentuk kepribadian yang lebih baik pada anak.

Menurut para ilmuwan Beijing mengungkapkan bahwa beberapa bagian otak memang terhubung dan akan mengalami perkembangan secara pesat ketika masih anak-anak. Manfaat yang diperoleh dari musik memang tidak akan langsung dirasakan karena hal ini akan terjadi setelah anak tumbuh dewasa. Bahkan menurut para peneliti dari Amerika mengemukakan bahwa orang yang diperkenalkan musik sejak masih anak-anak akan  memiliki sel otak yang lebih peka dan merespon cepat.

Pada dasarnya memperdengarkan musik pada anak sejak dini akan membantu meningkatkan kemampuan dan fokus pada otak. Anak-anak yang mendapat pelajaran musik cenderung memiliki cara berkomunikasi yang lebih baik dan lebih mudah mengerti dengan maksud orang lain. Selain itu, dalam hal memahami pelajaran juga sangatlah mudah.

Kondisi tersebut tidak hanya berlaku pada satu alat musik saja seperti piano. Namun juga pada setiap alat musik yang lainnya. Mengajarkan alat musik pada anak sejak usia belia diketahui akan memebantu menstimulus kemampuan IQ dan membantu anak untuk lebih peka terhadap emosi orang lain disekitarnya.

Hal ini akan membuat anak memiliki sifat tenggang rasa terhadap kondisi sesama atau orang-orang disekitarnya. Memperkenalkan musik sejak dini pada anak tidak ada salahnya untuk dilakukan. Musik bukan hanya sekedar untuk bersenang-senang dan melatih bakat, namun dengan bermain musik akan membawa manfaat terhadap perkembangan psikologi anak.

Manfaat dari musik akan sangat dirasakan oleh anak ketika tumbuh dan beranjak dewasa. Dengan musik maka bisa meningkatkan IQ dan tumbuh dengan kepribadian yang lebih peka terhadap keadaan sekitar serta kondisi perasaan orang lain.

Musik bisa diperdengarkan pada anak sejak dalam kandungan. Terapi musik memang banyak disarankan oleh dokter untuk menstimulus kecerdasan bayi sejak dalam kandungan. Bahkan terapi musik bisa membuat ibu hamil lebih nyaman dalam menjalani masa-masa kehamilan. Dengan mendengarkan musik setidaknya bisa menghilangkan stres dan membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517