Mengajarkan dan Menanamkan Nilai Ketegasan Pada Anak-Anak

Masa anak-anak merupakan masa yang membutuhkan perhatian lebih dari orangtua. Pada usia belia anak-anak belum bisa membedakan hal yang baik dan buruk. Anak-anak harus mendapatkan pendidikan, baik itu yang bersifat formal ataupun informal di lingkungan keluarga. Menerapkan pola asuh pada anak harus di dasari dengan rasa kasih sayang, akan tetapi tidak terlalu memanjakan anak. Perlakuan orangtua yang terlalu memanjakan anak akan membuat anak tidak bisa mandiri dan tidak memiliki rasa percaya diri.

Orangtua harus menerapkan nilai ketegasan dalam mendidik anak. Ketegasan diperlukan oleh seorang anak untuk menentukan mana yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Selain itu, ketegasan akan membuat anak memiliki rasa optimis dan lebih menghargai diri sendiri. Ketegasan akan menunjang kemampuan anak dalam menghadapi permasalahan seputar kehidupan sehingga anak bisa menentukan mana yang lebih baik yang menjadi prioritas.

menerapkan nilai ketegasan dalam mendidik anak

Ketegasan Bisa Diajarkan Pada Anak-Anak Sejak Usia Dini Melalui Beberapa Cara

Memberikan kesempatan pada anak untuk berekspresi. Langkah pertama untuk menumbuhkan nilai ketegasan pada anak yaitu dengan memberikan ruang pada anak untuk mengemukakan pendapat dan mengekspresikan hal-hal yang disukainya. Salah satu contohnya yaitu dengan meminta pendapat anak ketika akan membeli peralatan untuk kebutuhan di rumah. Cara ini akan mengajarkan anak bahwa pendapat merupakan hal yang harus dikemukakan.

Memberikan kesempatan pada anak untuk bereaksi. Anda sebagai orangtua harus memberikan ruang dan kesempatan pada anak mengenai hal-hal yang disukai dan tidak diinginkan oleh anak. Selain itu, orangtua harus mengajarkan pada anak untuk menghargai perbedaan pendapat.

Mengajarkan anak untuk membedakan hal baik dan buruk. Anak-anak harus diajarkan mengenai hal yang baik sejak dini supaya menjadi kebiasaan sampai dewasa. Selain itu, orangtua juga harus mengajarkan anak untuk membedakan mana yang baik dan buruk. Tanamkan dalam diri mereka supaya menolak dan menjauhi perbuatan buruk yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.

Memberikan kesempatan pada anak untuk mengambil keputusan. Mengajarkan anak untuk mengambil keputusan akan membuat anak tidak memiliki rasa ketergantungan terhadap orang lain. Apabila anak tidak di beri kesempatan untuk mengambil keputusan maka anak akan senantiasa bergantung pada pendapat oranglain dalam hal memutuskan sesuatu. Hal ini tentunya akan membuat anak tidak memiliki ketegasan.

Memberikan contoh yang baik bagi anak. Nilai ketegasan tidak bisa hanya dengan diajarkan melalui kata-kata saja. Akan tetapi Anda sebagai orangtua harus mengajarkan hal tersebut dengan contoh yang nyata sehingga anak akan lebih mudah mengerti.  Oleh karena itu, orangtua harus memberikan contoh yang baik pada anak dalam hal ketegasan. Salah satunya yaitu menerapkan nilai ketegasan dalam membuat peraturan di lingkungan keluarga.

Dalam menerapakan nilai ketegasan pada anak, Anda sebagai orangtua dituntut untuk lebih sabar dan konsisten. Hal ini karena anak membutuhkan proses untuk belajar dan beradaptasi. Jangan pernah memaksakan anak karena hal tersebut bisa berdampak buruk bagi perkembangan psikologis anak.

Related Posts

Share This