Mengajarkan Cara Mencuci Tangan Yang Benar Untuk Kesehatan Anak

Menjaga kesehatan anak bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana. Salah satunya yaitu dengan mengajarkan kebiasaan baik untuk mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan atau sesudah buang air. Mencuci tangan dengan cara yang baik dan benar bisa meminimalisir resiko terkena penyakit dan penyebaran virus berbahaya. Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang paling banyak bersentuhan dengan berbagai macam benda sehingga resiko penyebaran bakteri melalui tangan sangat tinggi.

Banyak orang yang mengabaikan pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan sehingga hal tersebut sudah menjadi kebiasaan yang turun temurun. Padahal kuman dan bakteri bisa menyebar dengan cepat melalui tangan yang kotor dan bersentuhan dengan mulut atau anggota tubuh lainnya. Mencuci tangan dengan cara yang benar sangat berguna untuk mencegah infeksi bakteri yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit.

Pada dasarnya anak-anak lebih rentan terkena penyakit dibandingkan dengan orang dewasa. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh anak masih lemah. Selain itu, kesadaran orangtua untuk mengajarkan kebiasaan mencuci tangan pada anak masih sangat rendah sehingga hal ini memicu infeksi bakteri dan penyakit pada anak-anak. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda sebagai orangtua untuk mengajarkan dan memberi contoh pada anak tentang mencuci tangan yang baik dan benar.

Langkah Mudah Mengajarkan Anak Untuk Mencuci Tangan Dengan Cara Yang Benar

Mencuci tangan menggunakan sabun merupakan cara sederhana dan mudah untuk dilakukan. Kebiasaan baik ini bermanfaat untuk mencegah penyebaran berbagai macam penyakit yang bisa membahayakan kesehatan anak. Berikut langkah mudah mengajarkan anak untuk mencuci tangan dengan cara yang benar.

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu memberi pengertian dan penjelasan pada anak tentang pentingnya menjaga kesehatan dengan cara membiasakan cuci tangan sebelum makan atau setelah beraktivitas.
  2. Ajarkan cara mencuci tangan yang benar pada anak dimulai dengan membasahi tangan anak sampai pergelangan menggunakan air kran mengalir. Penggunaan air mengalir lebih dianjurkan untuk meminimalisir bakteri.
  3. Langkah selanjutnya gunakan sabun. Disarankan untuk menggunakan sabun cair daripada sabun batangan. Sabun bisa membunuh kuman dan bakteri pada tangan dengan cepat.
  4. Selanjutnya ajarkan untuk menggosok serta membersihkan telapak tangan, sela-sela jari dan bagian kuku dengan menggunakan sabun.
  5. Apabila semua permukaan tangan, sela-sela jari dan kuku sudah dibersihkan secara menyeluruh menggunakan sabun maka langkah selanjutnya basuh tangan menggunakan air sampai bersih.
  6. Ketika menutup keran sebaiknya menggunakan tisu atau pembungkus lainnya. Hal ini untuk mencegah kuman menempel kembali pada tangan yang sudah bersih.
  7. Keringkan tangan anak menggunakan kain bersih atau tisu.

Perlu Anda ketahui bahwa mencuci tangan dengan cara sederhana menggunakan sabun sudah bisa membunuh kuman dan bakteri. Kebiasaan mencuci tangan yang diterapkan sejak dini diharapkan dapat mencegah penyebaran berbagai macam penyakit pada anak.

Related Posts

Share This