Mengajak Anak Batita Bermain Untuk Meningkatkan Kemampuan Berjalan

Memasuki usia batita itu artinya bayi Anda akan memasuki tahap berjalan. Pada tahun kedua, anak Anda akan mengalami peningkatan dalam hal berjalan. Anak-anak memiliki energi yang berlebih untuk bereksplorasi dan mengekspresikan keinginannya. Kemampuan mental anak yang semakin berkembang membuat anak Anda lebih senang untuk menjelajahi dunia barunya.

Meningkatkan Kemampuan Batita Berjalan

Persiapkan diri Anda untuk menyaksikan sebuah pertunjukan yang dipertontonkan oleh anak Anda yang mulai pandai berjalan. Sejalan dengan keterampilan yang berkembang dan semakin dikuasai oleh anak Anda maka hal ini akan menjadi sebuah kesenangan baru bagi anak. Meskipun demikian, pada tahapan ini anak batita masih senang apabila didampingi untuk berjalan.

Permainan Menyenangkan Ketika Berjalan Dengan Batita

  • Berjalan bersama batita

Perlu Anda ketahui bahwa anak batita masih senang untuk bersosialisasi dengan orangtuanya sambil di pegang tangannya ketika berjalan. Selain itu anak batita juga lebih menyukai berjalan diatas tangga sambil di damping oleh orangtuanya. Maka dari itu untuk meningkatkan dan mengoptimalkan kemampuan berjalan pada batita sebaiknya lebih sering untuk mengajak batita Anda jalan-jalan. Taman bisa menjadi salah satu pilihan Anda untuk mengajak anak jalan-jalan.

  • Memberikan mainan untuk batita

Untuk mengoptimalkan anak batita dalam berjalan, Anda bisa memberikan mainan yang bisa di tarik atau di dorong seperti alat pemotong rumput mainan atau mobil-mobilan. Dengan begitu anak akan berusaha memposisikan tubuh dan mengatur keseimbangannya dalam berjalan. Permainan seperti ini akan menstimulus kemampuan batita dalam berjalan. Selain mainan yang di dorong, Anda juga bisa memberikan jenis mainan yang bisa dikendarai oleh batita seperti sepeda kecil. Mainan seperti ini akan disukai oleh anak karena pada tahap ini sudah memiliki kemampuan untuk duduk dengan posisi yang tegak. Pengawasan Anda sangat diperlukan selama batita bermain untuk menjaga supaya tidak terjatuh.

Baca juga : Kecakapan Gerak Batita Usia 18-24 Bulan

  • Bermain dengan rak

Pada tahapan ini bayi Anda sudah bisa berdiri dan akan merasa puas ketika bermain sambil berdiri dengan mainan di atas meja atau rak. Anda bisa melakukan permainan ini dengan menaruh beberapa mainan pada rak yang tidak terlalu tinggi sehingga bisa dijangkau oleh batita. Kemampuan berjalan yang sudah hampir sempurna akan membuat bayi lebih bersemangat menggapai mainan tersebut dan memainkannya diatas rak tersebut. Selain bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berjalan pada batita. Permainan di atas rak juga sangat berguna untuk meningkatkan keseimbangan ketika berdiri. Biarkan anak Anda untuk bereksplorasi dengan mainan tersebut dan tetap dalam pengawasan Anda.

  • Permainan di dapur

Mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui kalau dapur merupakan salah satu tempat bermain yang paling disukai oleh bayi. Permainan tersebut akan meningkatkan kemampuan batita dalam menyeimbangkan tubuhnya ketika berdiri. Biarkan anak Anda untuk mengambil beberapa perabotan yang berbahan dasar plastik dari atas meja atau rak. Hindarkan perabotan yang berbahan dasar kaca atau pisau dari jangkauan anak karena bisa melukainya. Ketika di dapur, Anda juga bisa mengajarkan batita untuk membereskan perabotan yang berantakan sehingga permainan ini bisa menjadi latihan kerja bagi si kecil.

  • Berjalan sekeliling rumah

Beberapa ruangan dirumah Anda bisa menjadi area untuk bermain dan mengajak batita untuk berjalan-jalan disekelilingnya. Ajaklah batita untuk berjalan-jalan disekeliling rumah sambil digandeng. Anda bisa memperkenalkan satu ruangan ke ruangan yang lain pada batita. Permainan kecil ini secara tidak langsung akan meningkatkan dan membantu keseimbangan tubuh si kecil ketika berjalan.

Related Posts

Share This