Mengagumkan, Inilah Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan Anda

Manfaat daun bawang untuk kesehatan mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya. Selama ini kita mengenal daun bawang sebagai salah satu rempah untuk menambah aroma masakan. Penambahan daun bawang kedalam masakan memang menambah citarasa dan aroma yang menggugah. Disamping itu, jika penggunaan daun bawang dilakukan secara bijak maka sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Daun bawang sangat mudah kita jumpai di lapak-lapak penjual sayuran. Bahkan jika Anda lebih kreatif maka bisa ditanam dihalaman rumah. Lalu apa saja manfaat yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi daun bawang? Berikut ini manfaat mengagumkan daun bawang untuk kesehatan Anda.

  1. Kaya Akan Kandungan Antioksidan

Menurut hasil studi menunjukan bahwa daun bawang sangat kaya akan kandungan antioksidan kyaitu kemferfol dan quercetin. Nah, kandungan antioksidan tersebut menjadikan bawang bermanfaat untuk kesehatan kulit dan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

  1. Sumber Zat Besi

Kandungan nutrisi lain pada daun bawang yaitu zat besi. Seperti yang kita ketahui bahwa zat besi merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan tubuh untuk membantu proses pembentukan sel darah merah. Kekurangan zat besi beresiko terhadap penyakit anemia. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda menambahkan daun bawang kedalam masakan sehari-hari.

  1. Mencegah Infeksi

Daun bawang mengandung senyawa yang bisa mencegah dan mengatasi terjadinya infeksi didalam tubuh. Konsumsilah sesuai aturan sehingga tubuh Anda akan selalu dalam keadaan sehat dan terhindar dari resiko infeksi berbahaya.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Senyawa cycloaliin pada daun bawang berguna untuk menjaga dan melindungi jantung dari kerusakan dan serangan penyakit. Selain itu senyawa tersebut juga bisa menurunkan resiko penyakit aterosklerosis.

  1. Menurunkan Resiko Penyakit Diabetes

Penyakit gula darah atau diabetes tergolong salah satu jenis penyakit berbahaya bagi kesehatan. Terlebih lagi jika penyakit tersebut sudah menunjukan komplikasi maka sangat membahayakan. Namun Anda tidak perlu khawatir sebab dengan mengkonsumsi daun bawang dalam masakan maka sakan membantu menurunkan resiko diabetes. Daun bawang mengandung senyawa phyto-kimia berupa alil disulfide dan allium sebagai anti diabetes. Zat tersebut memiliki kemampuan untuk meningkatkan proser metabolisme glukosa sehingga  mencegah degradasi insulin.

Luar biasa sekali bukan manfaat daun bang untuk kesehatan? Jangan ragu untuk menambahkan daun bawang kedalam setiap sajian masakan Anda sehari-hari. Selain beberapa manfaat yang disebutkan diatas, ternyata daun bawang juga bisa mencegah berat badan berlebih karena kandungan kalori yang rendah. Kandungan kalium pada daun bawang juga bisa membantu meningkatkan sistem imun untuk melindungi tubuh dari berbagai ancaman penyakit berbahaya akiabt virus dan bakteri.

Semoga ulasan yang penulis sajikan bermanfaat bagi Anda sebagai referensi dan menambah wawasan. Salam sehat.

Related Posts

Share This