Menerapkan Gaya Hidup Sehat Pada Anak

Gaya hidup sehat merupakan salah satu hal penting bagi setiap orang tak terkecuali anak-anak. Dengan menerapkan gaya hidup sehat maka akan menghindarkan dari kemungkinan terkena penyakit yang mengancam tubuh. Selain itu, penerapan konsep hidup sehat sangat berguna dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang akan berdampak terhadap kualitas hidup seseorang.

Pada usia anak-anak, daya tahan tubuh yang baik akan berpengaruh terhadap proses tumbuh kembang secara fisik dan mental. Supaya anak memiliki daya tahan tubuh yang bagus maka sebaiknya penerapan konsep gaya hidup sehat mulai diaplikasikan sejak dini. Dalam hal ini yang terpenting adalah memperhatikan asupan nutrisi dan senantiasa menerapkan hidup bersih dalam segala aspek.

Berikut Penerapan Gaya Hidup Sehat Untuk Anak

  • Perhatikan Asupan Makanan

Dalam menjaga kesehatan dan menunjang tumbuh kembang anak sebaiknya Anda memberikan asupan makanan yang mengandung gizi seimbang. Nutrisi yang dibutuhkan meliputi protein, lemak, mineral dan karbohidrat. Setiap makanan yang Anda berikan untuk anak sebaiknya berasal dari bahan alami dan terjaga kehigienisannya. Selain itu, buatlah menu yang bervariasi sehingga si ekcil tidak mudag merasa bosan.

  • Penerapan Pola Hidup Bersih

Untuk menghindarkan anak dari bahaya infeksi penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri maka sebaiknya mulai menrapkan pola hidup bersih. Salah satu contohnya yaitu dengan mengajarkan anak untuk senantiasa mencuci tangan setelah bermain, buang air dan sebelum menyentuh makanan. Pola hidup bersih sebaiknya Anda ajarkan sejak anak berusia balita.

  • Istirahat

Biasakan dan jadwalkan waktu istirahat yang cukup untuk anak setiap harinya. Anak-anak dianjurkan untuk tidur selama 8 jam per hari. Selain itu, usahakan supaya anak memiliki waktu tidur siang selama 1 – 2 jam setiap harinya. Waktu istirahat ynag cukup berguna untuk mengembalikan stamina dan mengembalikan fungsi sel-sel tubuh setelah beraktivitas. Waktu istirahat yang kurang dan terganggu sangat beresiko menyebabkan sistem imun menurun sehingga rentan terkena infeksi penyakit.

  • Olahraga

Untuk menjaga kebugaran dan kesehatan si kecil, maka biasakan untuk mengajaknya berolahraga. Manfaat olahraga tentunya sangat banyak untuk kesehatan tubuh seperti menjaga berat badan ideal dan menghindari bahaya infeksi penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas. Anda bisa membiasakan olahraga pada anak minimal 30 menit dan dilakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu. Jika dibiasakan sejak dini maka akan menjadi kebiasaan sehat hingga dewasa.

  • Ciptakan Lingkungan Sehat

Kondisi lingkungan bisa mempengaruhi kesehatan dan kondisi kekebalan tubuh anak. Lingkungan yang tercemar dan berdekatan dengan pabrik sangat rentan menyebabkan gangguan kesehatan pada anak. Selain itu, kebersihan lingkungan di dalam rumah juga menjadi poin penting untuk kesehatan anak. Usahakan supaya Anda rutin untuk membersihkan kamar anak.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517