Menenangkan Bayi Yang Rewel Dengan Metode Pengasuhan Penuh Kasih Sayang

Setiap bayi terlahir dengan sifat yang berbeda-beda dan unik. Salah satu sifat dasar yang dimiliki oleh bayi yaitu rewel. Hal ini tentunya memerlukan kesabaran dan kreativitas dari seorang pengasuh untuk menenangkan bayi. Terkadang sebagian orangtua akan merasa kewalahan ketika dihadapkan dengan keadaan bayi yang rewel atau tidak bisa tenang.

Perlu diketahui bahwa cara untuk menenangkan bayi yang rewel tidak hanya terbatas pada hal yang Anda lakukan untuk bayi saja, akan tetapi mengharuskan pelatihan bagi orangtua. Tingkat kepekaan dari orangtua sangat dibutuhkan dalam menangani bayi yang rewel. Hal yang paling pentimng sebelum menangani bayi yang rewel adalah mengetahui terlebih dahulu faktor penyebabnya.

Menenangkan Bayi

Pengasuhan Yang Penuh Kasih Sayang Untuk Menenangkan Bayi

Pengasuhan yang penuh kasih merupakan model pengasuhan yang membangun intuisi dan mendorong kepekaan orangtua sehingga hal ini membantu mereka menangani bayi yang rewel. Orangtua mampu mendeteksi berbagai macam penyebab yang membuat bayi rewel serta mampu melakukan tindakan yang berguna untuk menenangkan bayi.

Secara garis besar teknik untuk menenangkan bayi yang rewel tertuju pada beberapa hal yaitu meredakan ketidaknyamanan yang dirasakan oleh bayi, meningkatkan kepekaan orangtua, sentuhan lembut yang dapat menenangkan bayi dan menciptakan suasana yang menyenangkan ketika dihadapkan dengan keadaan bayi yang rewel.

Aktivitas dasar untuk menenangkan bayi yang rewel diantaranya yaitu kepekaan dalam menangggapi tangisan bayi, seringmenggendong bayi dan sering menyusui bayi. Untuk lebih jelasnya mengenai cara penanganan bayi yang rewel adalah sebagai berikut:

  • Sering menyusui bayi

Menyusui bayi merupakan salah satu aktivitas wajib yang harus dilakukan oleh seorang ibu dalam hal memberikan asupan makanan bagi bayi. Sebuah studi membuktikan bahwa bayi yang sering disusui akan jarang menangis. Bayi yang sering disusui cenderung akan merasa lebih tenang dan tidak rewel. Hal ini karena salah satu penyebab bayi rewel adalah kondisi perut bayi yang lapar. Nah, apabila kebutuhan bayi terpenuhi maka bayi akan merasa nyaman sehingga kemungkinan untuk rewel sangat kecil.

  • Lebih peka dalam menanggapi tangisan bayi

Ketika bayi menangis dan tidak segera ditanggapi maka akan menjadi semakin rewel. Kepekaan orangtua dalam menanggapi tangisan bayi adalah salah satu cara dalam menangani bayi yang rewel. Tangisan yang segera ditanggapi akan membuat bayi tidak terlalu sering menangis.

  • Sering menggendong bayi

Bayi yang sering digendong cenderung akan lebih tenang dan merasa lebih nyaman. Hal ini tentunya akan membuat bayi jarang menangis. Bayi yang digendong akan merasa lebih dekat dengan ibunya sehingga kemungkinan untuk rewel sangat kecil. Pada prinsipnya ibu yang sering menggendong bayi, sering menyusui dan lebih sigap dalam menanggapi tangisan bayi akan memiliki bayi yang terpuaskan.

  • Menyusui bayi sambil bergerak

Ada sebagian bayi yang mudah ditenangkan dengan cara disusui sambil bergerak atau berjalan-jalan. Anda bisa menggendong bayi dengan menggunakan gendongan selempangan kemudian susui bayi sambil berjalan-jalan di dalam ruangan atau di teras rumah. Cara seperti ini akan membuat bayi lebih tenang hingga tertidur.

  • Pijatan lembut bagi bayi

Pijatan halus dan lembut dinilai akan membuat bayi yang rewel menjadi lebih tenang. Pijatan pada area perut merupakan salah satu hal yang sangat disukai oleh bayi. Lakukan pijatan lembut dan penuh kasih sehingga bayi akan merasa lebih tenang. Apabila bayi mempunyai kebiasaan rewel pada sore atau malam hari sebaiknya Anda menjadwalkan secara rutin untuk memijat bayi sebelum waktu rewel tersebut.

Related Posts

Share This