Mendidik Anak Untuk Bertanggung Jawab dan Meminta Maaf

Mendidik anak memang bukan perkara yang mudah sehingga diperlukan kesabaran dan kehati-hatian. Hal ini karena anak-anak cenderung masih mudah mengikuti semua perbuatan dan ucapan yang dilihatnya. Menerapkan pola asuh untuk anak tidak boleh terlalu mengekang dan tidak boleh terlalu memanjakan anak. Anak-anak harus senantiasa diajarkan nilai ketegasan dan kedisiplinan supaya tumbuh dengan kepribadian yang bertanggung jawab, mandiri dan beretika.

Nilai moral yang perlu diajarkan pada anak-anak sejak usia dini salah satunya yaitu bertanggung jawab atas perbuatan yang telah dilakukan dengan cara meminta maaf. Dengan belajar meminta maaf akan menciptakan pribadi anak yang berjiwa besar dan bertanggung jawab atas perbuatan yang dilakukannya.

Mendidik Anak Untuk Belajar Meminta Maaf

Tips Mendidik Anak Untuk Belajar Meminta Maaf

Menerapkan kebiasaan meminta maaf sejak usia dini

Mendidik dan mengajarkan kebiasaan meminta maaf sebaiknya dilakukan sejak usia dini supaya akan menjadi kebiasaan ketika anak tumbuh dewasa. Salah satu cara untuk mengajarkan anak meminta maaf yaitu dengan mengajaknya berinteraksi dengan teman-temannya. Ketika anak Anda melakukan kesalahan dan membuat teman bermainnya menangis, disitulah peran Anda sebagai orangtua untuk mengajarkan anakĀ  supaya bertanggung jawab dan meminta maaf atas kesalahan yang telah dilakukan. Ajarkan pada anak untuk berkata maaf dan menjabat tangan orang yang telah di sakitinya.

Mengajarkan kebiasaan tersebut dimulai dari lingkungan keluarga

Mengajarkan kebiasaan bertanggung jawab dan meminta maaf bisa dimulai dari lingkungan terdekat yaitu keluarga. Anda sebagai orangtua harus memberikan contoh pada anak tentang cara meminta maaf dan bertanggung jawab atas kesalahan yang telah dilakukan. Apabila Anda melakukan perbuatan dan tindakan yang salah sebaiknya meminta maaf dengan kata-kata yang baik dan mengakuinya. Hal ini akan membuat anak meniru kebiasaan Anda dan menjadi awal pembelajaran untuk anak. Keluarga merupakan lingkungan terdekat bagi anak dan orangtua merupakan contoh/panutan bagi anak.

Baca juga: 5 Cara Tepat Mendidik Anak Untuk Bertanggung Jawab

Mengajarkan anak untuk meminta maaf ketika melakukan perbuatan kecil yang tidak sopan

Mendidik anak untuk belajar meminta maaf bisa dimulai dari hal-hal kecil. Salah satunya yaitu mengajarkan anak untuk meminta maaf ketika melakukan perbuatan yang tidak sopan seperti sendawa atau buang gas di depan orang lain. Anda harus memberi penjelasan pada anak kalau perbutan tersebut akan mengurangi kesopanan apabila dilakukan di depan orang lain. Cara ini akan mengajarkan anak untuk meminta maaf terhadap semua kesalahan yang dilakukan baik itu yang bersifat besar ataupun kecil. Selain itu, cara ini akan mengajarkan anak tentang kapan dan dalam kondisi seperti apa harus meminta maaf.

Meminta maaf dan menerima permintaan maaf merupakan sikap yang terpuji

Mengajarkan anak untuk meminta maaf sudah pasti akan menghadapi berbagai macam kendala. Dalam hal ini peran penting dan kesabaran Anda sebagai orangtua sangat dibutuhkan. Apabila anak kesulitan dalam meminta maaf, Anda harus memberi pengertian dan penjelasan pada anak bahwa meminta maaf merupakan perbuatan yang terpuji. Selain itu, jelaskan pada anak kalau meminta maaf akan memperbanyak teman dan mempererat persaudaraan.

Jangan memaksa anak untuk meminta maaf

Dalam mengajarkan kebiasaan meminta maaf pada anak sebaiknya jangan memaksa, akan tetapi harus dialkukan secara perlahan dan penuh kesabaran. Memaksa anak untuk meminta maaf hanya akan membuat anak tertekan dan tidak mempunyai kesadaran. Ketika tumbuh dewasa, anak tidak akan mempunyai ketulusan ketika meminta maaf sehingga cenderung akan mengulangi kesalahan.

Related Posts

Share This