Mendidik Anak Untuk Belajar Bersyukur Sejak Dini

Mendidik anak sejak usia dini terutama mendidik dalam hal moral dan etika adalah salah satu hal yang sangat penting. Dua hal tersebut adalah pendidikan dasar yang harus diajarkan sejak usia dini supaya anak tumbuh menjadi pribadi yang baik. Akan tetapi melihat fenomena zaman sekarang banyak sekali orangtua yang mengabaikan hal tersebut sehingga anak tumbuh tanpa dibekali dengan pendidikan moral yang kuat. Alasan klasik yang menyebabkan hal tersebut adalah kesibukan dari orangtua sehingga tidak ada waktu untuk berinteraksi dengan anak.

Disamping itu, pada zaman sekarang banyak sekali orangtua yang memanjakan anak dengan memberikan segala hal yang diinginkan anak tanpa memikirkan efek jangka panjang bagi perkembangan anak. Mungkin di sisi lain hal tersebut adalah bentuk kasih sayang dari orangtua untuk seorang anak, akan tetapi sikap terlalu memanjakan anak akan berdampak negatif bagi perkembangan anak di masa depan. Anak yang terlalu dimanjakan cenderung tidak bisa hidup mandiri sehingga mempunyai ketergantungan terhadap orang lain.

Tips Mengajarkan Anak Untuk Bersyukur

Memanjakan anak memang hak setiap orang, akan tetapi Anda juga harus memikirkan perkembangan anak untuk masa depan. Nah, maka dari itu Anda selaku orangtua hendaknya membatasi perlakuan yang terlalu memanjakan anak dengan mulai mengajarkan sikap untuk selalu bersyukur. Lalu bagaimana caranya? Berikut ini penulis akan memberikan ulasan mengenai cara mendidik anak untuk selalu bersyukur.

Tips Mengajarkan Anak Untuk Selalu Bersyukur

  • Mendidik anak sejak usia dini

Mendidik anak untuk selalu bersyukur sebaiknya dilakukan sejak usia dini. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membatasi setiap keinginan anak. Ketika anak menginginkan sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan sebaiknya Anda jangan langsung memberikan benda tersebut. Berikan pengertian pada anak tentang konsep mensyukuri sesuatu yang telah dimilikinya karena tidak semua orang bisa mendapatkannya. Pada awal-awal mungkin Anda akan mengalami kesulitan sehingga dibutuhkan kesabaran untuk melakukan semua ini.

  • Berikan contoh yang baik dan jadilah panutan

Anak-anak cenderung lebih mudah untuk meniru apa yang dilihatnya. Nah, kemampuan tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mengajarkan anak belajar bersyukur. Anda sebagai orangtua hendaknya menjadi panutan dengan memberikan contoh yang baik bagi anak. Ketika anak melihat kebiasaan baik Anda seperti beramal, berhemat ataupun mensyukuri sesuatu maka secara tidak langsung anak akan meniru kebiasaan tersebut. Mendidik anak dengan memberikan contoh secara langsung akan memudahkan anak dalam mempelajari dan mengikutinya. Cara seperti ini dinilai paling ampuh dan lebih mudah dipahami oleh anak.

Baca juga : 5 Cara Mendidik Anak Agar Menjadi Pribadi yang Mandiri

  • Mempraktikan langsung

Mendidik anak dengan teori saja tidak akan cukup dan kemungkinan untuk berhasilnya pun sangat kecil. Anda harus mempraktikan langsung apa yang Anda ajarkan pada anak. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa anak memiliki kecenderungan untuk meniru. Nah, maka dari untuk membentuk pribadi anak yang selalu bersyukur harus dimulai dari diri Anda dengan memberikan contoh yang nyata.

  • Ajarkan pada anak untuk beramal

Dalam mendidik anak untuk selalu bersyukur, Anda juga harus menerapkan konsep untuk berbagi dengan sesama. Ajarkan pada anak untuk membantu sesama yang nasibnya tidak seberuntung dirinya. Dengan begitu anak akan belajar bersyukur dan lebih menghargai apa yang dimilikinya.

Itulah beberapa langkah dasar dalam mendidik anak untuk selalu bersyukur.  Dampak positif dari pendidikan moral yang satu ini akan membentuk pribadi anak yang selalu menghargai dan menyayangi sesama. Selain itu, anak-anak akan lebih menghargai sesuatu yang dimilikinya sehingga menggunakannya dengan bijak.

Related Posts

Share This