Menciptakan Pola Asuh Yang Bermanfaat Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

Pola asuh merupakan salah satu sikap orangtua dalam berinteraksi dengan anak. Pola asuh adalah cara yang dilakukan oleh orangtua dalam menjaga, mendidik dan membimbing anak sebagai bentuk dari rasa tanggung jawab orangtua terhadap anak. Peranan orangtua sangat besar dalam membentuk karakter dan kepribadian anak. Selain itu, peranan orangtua juga sangat dibutuhkan untuk membantu anak mempersiapkan diri menghadapi tantangan kehidupan.

Pola asuh dan peranan orangtua akan berpengaruh terhadap perkembangan kecerdasan anak-anak. Akan tetapi banyak orangtua yang tidak menyadari hal tersebut sehingga anak lebih banyak berinteraksi dengan pengasuh. Kondisi tersebut menyebabkan seorang anak kehilangan peranan dari orangtuanya. Padahal memiliki anak yang cerdas merupakan dambaan setiap orangtua. Maka dari itu, orangtua harus memahami semua kebutuhan yang diperlukan oleh anak pada masa pertumbuhan.

Menciptakan Pola Asuh Yang Bermanfaat Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

Kiat Menciptakan Pola Asuh Yang Bermanfaat Untuk Kecerdasan Anak

Biarkan anak untuk mengeksplorasi lingkungan

Lingkungan merupakan salah satu sarana bagi anak untuk mengembangkan kemampuannya dan belajar berbagai macam hal. Mengeksplorasi lingkungan akan memicu anak lebih aktif bergerak sehingga akan meningkatkan rasa ingin tahu anak terhadap segala aspek kehidupan. Maka dari itu supaya pengetahuan anak semakin luas tentang lingkungan atau alam, biasakan untuk membuat jadwal dan membebaskan anak mengeksplorasi lingkungan minimal seminggu sekali. Anda bisa mengajak anak untuk jalan-jalan atau liburan di alam terbuka.

Memberikan stimulus pada anak dengan berbagai macam pertanyaan

Untuk membantu perkembangan kecerdasan anak, Anda bisa memberikan stimulus dengan cara mengajak anak untuk berdiskusi dan ajukan beberapa pertanyaan pada anak seputar hal-hal yangb diminati oleh anak. Kegiatan tersebut akan merangsang kemampuan anak dalam berbicara dan berargumen.

Membacakan buku pengetahuan

Cara lain untuk meningkatkan kecerdasan anak yaitu dengan membacakan buku pengetahuan. Kegiatan tersebut akan merangsang minat anak untuk rajin membaca. Selain itu, kegiatan membacakan buku bagi anak akan berguna untuk menambah wawasan anak. Kegiatan tersebut bisa Anda lakukan sebelum anak tidur atau di sela-sela waktu senggang.

Mengikuti minat anak

Untuk menggali potensi dan  menumbuhkan kemampuan anak, berikan kesempatan serta dukungan pada anak terhadap bidang yang diminatinya. Ketika anak memiliki keseriusan terhadap salah satu bidang, maka sebaiknya Anda memberikan dukungan dan membantu mengembangkan minat anak. Hal ini akan membuat anak lebih beresemangat dan kemampuannya akan berkembang.

Biarkan anak untuk belajar mengambil keputusan

Memberi kesempatan pada anak dalam mengambil keputusan akan melatih anak dalam belajar tanggung jawab dan mengatasi sebab akibat. Selain itu, cara ini akan memicu dan menstimulus anak untuk berpikir analitis.

Berikan kesempatan anak untuk bersosialisasi dengan oranglain

Untuk menjaga dan meningkatkan kecerdasan emosional anak, Anda bisa memberikan kesempatan pada anak untuk bersosialisasi seluas-luasnya. Cara ini akan merangsang sel-sel pada otak sehingga anak akan mengekspresikan perasaan dan kemampuan terbaiknya.

Dalam menunjang kecerdasan anak, Anda harus menjaga asupan nutrisi untuk otak anak. Biasakan untuk memberikan makanan yang bergizi seimbang yang berguna untuk meningkatkan kecerdasan otak. Selain itu, ajarkan kebiasaan baik pada anak untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan rutin berolahraga.

Related Posts

Share This