Mencegah Terjadinya Alergi Pada Bayi atau Anak-Anak

Alergi pada bayi dan anak-anak yang disebabkan oleh lingkungan ataupun makanan sebenarnya bisa di cegah dengan mengetahui dan menghindarkan faktor yang dapat menyebabkan alergi tersebut. Reaksi alergi dapat terjadi pada seorang anak dari mulai di dalam kandungan. Apabila seorang ibu memiliki alergi terhadap suatu makanan maka hendaknya ketika hamil menghindari makanan yang bisa menyebabkan alergi tersebut. Ibu yang memiliki riwayat alergi kemungkinan besar bayi atau anaknya juga akan mengalami hal tersebut.

Mencegah Terjadinya Alergi Pada Bayi atau Anak-Anak

Makanan yang bisa menyebabkan seorang anak alergi kadang merupakan makanan yang mengandung nutrisi yang sebenarnya dibutuhkan oleh seorang anak dalam masa pertumbuhannya. Hal ini tentu saja bisa berakibat pada asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak untuk pertumbuhan serta perkembangannya.  Mengatasi hal tersebut  alangkah baiknya jika Anda melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapat solusi dalam mengatasi alergi pada anak dan meminta saran dokter untuk memberikan nutrisi pengganti bagi anak.

Tips Mengatasi Alergi Pada Anak

Pemberian ASI secara ekslusif. Memberikan ASI secara ekslusif kepada bayi bisa menghindarkan bayi atau anak dari resiko terkena alergi dari makanan. Akan tetapi, ibu harus hati-hati dan menghindari makanan yang bersifat alergen atau yang dapat menyebabkan alergi karena makanan ibu akan terserap oleh bayi melalui ASI. Ibu yang memiliki riwayat alergi kemungkinan besar anaknya juga akan terkena alergi.

Hindarkan makanan yang memicu alergi. Ketika mulai memperkenalkan makanan pada anak, lakukan satu persatu dan secara bertahap kemudian perhatikan reaksi yang terjadi pada anak. Anda bisa memberikan makanan seperti susu atau kacang tanah, apabila makanan tersebut berakibat alergi pada anak maka segera jauhkan dan jangan diberikan lagi. Selain itu, Anda harus mengetahui zat makanan apa saja yang dapat memicu laergi pada anak sehingga bisa menjauhkannya untuk mencegah terjadinya alergi.

Menciptakan lingkungan yang bersih. Alergi pada anak tidak hanya disebabkan oleh makanan, akan tetapi alergi pada anak juga bisa diakibatkan oleh kebersihan lingkungan dan udara. Perhatikan kebersihan kamar dan tempat tinggal anak serta hindarkan anak dari polusi udara seperti asap rokok atau obat nyamuk yang dibakar.

Memberikan formula khusus. Apabila anak Anda alergi terhadap susu kambing atau sapi, maka bisa disiasati dengan pemberian susu yang rendah terhadap alergen seperti susu kedelai. Selain itu, Anda juga bisa memberikan makanan dengan kandungan suplemen seperti buah-buahan yang sangat kaya akan kandungan antioksidan yang berguna untuk menangkal semua radikal bebas atau polusi.

Kebersihan lingkungan dan memperhatikan setiap asupan makanan untuk anak bisa meminimalisir terjadinya alergi pada anak. Penyebab alergi paling sering pada anak-anak memang diakibatkan oleh makanan. Ketika anak mempunyai alergi terhadap suatu makanan tertentu yang sebenarnya sangat dibutuhkan untuk nutrisi pertumbuhannya, maka Anda harus cerdas dalam mengganti makanan tersebut dengan yang lain supaya kebutuhan nutrisi anak tidak terganggu.

Tidak perlu panik dan khawatir ketika anak Anda terkena alergi karena seiring dengan pertambahan usianya, maka reaksi berlebih yang ditimbulkan oleh sistem kekebalan tubuh akan perlahan-lahan menghilang. Biasanya gejala alergi pada anak akan menghilang ketika anak memasuki usia tiga atau empat tahun. Pada intinya pengetahuan dan penanganan yang benar akan memperkecil atau bahkan mencegah resiko terjadinya alergi. Sebab jika alergi tidak ditangani dengan benar maka akan berakibat juga pada pertumbuhan anak.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517