Mencegah Saraf Mata dan Retina Pecah Saat Persalinan

Menginjak usia kehamilan tahap akhir tentunya akan membuat Anda harap-harap cemas. Terlebih lagi bagi ibu baru yang pertama kali menghadapi momen penting ini. Menghadapi proses persalinan banyak hal yang mesti Anda persiapkan seperti fisik, mental dan finansial. Salah satu hal yang sering terjadi pada proses persalinan yaitu saraf mata dan retina robek/ablasio retina. Kondisi ini memang terjadi pada sebagian kecil wanita akan tetapi tidak ada salahnya jika Anda mencegah supaya kejadian saraf mata dan retina pecah tidak menimpa Anda.

Resiko ablasio atau retina pecah sangat rentan terjadi pada wanita yang sebelumnya memiliki riwayat gangguan kesehatan mata seperti rabun jauh dengan angka minus sekitar 4 – 7. Terlebih lagi bagi wanita yang memiliki riwayat keluarga pernah mengalami robek retina. Hal ini sangat rentan terjadi dan resikonya dua kali lipat.

Dalam hal ini Anda tidak perlu khawatir sebab kejadian retina pecah hanya terjadi pada sebagian wanita yang memiliki kelainan. Salah satu contohnya yaitu wanita yang memiliki gangguan mata seperti katarak, cairan bola mata merembes dan memiliki riwayat trauma akibat benturan keras dibagian mata. Selain itu, wanita yang memiliki kebiasaan sering mengejan saat buang air besar akibat tidak lancar.

Seringkali penderita gangguan kesehatan pada retina tidak menyadari hal tersebut. Gejala yang mungkin terjadi pada retina mata yang robek dan terlepas yaitu adanya peningkatan benda kecil yang mengambang serta organel sel atu serpihan jaringan. Kondisi yang lebih parah menyebabkan kebutaan sementara dan penglihatan kabur di salah satu bola mata.

Untuk mencegah terjadinya retina mata robek saat persalinan yaitu dengan menjaga kesehatan mata sebaik mungkin dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Jika mata tidak mengalami kelainan maka Anda akan terhindar dari resiko retina robek ketika persalinan.

Adapun Cara Lain Untuk Mencegah Retina Robek Yaitu Sebagai Berikut!

  1. Hindari kebiasaan mengangkat beban terlalu lberat yang bisa memicu Anda mengejan. Pada dasarnya ibu hamil dilarang untuk mengangkat benda berat karena banyak resikonya.
  2. Hilangkan kebiasaan mengejan ketika BAB. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung serat sehingga pencernaan Anda lncar.
  3. Jika mengalami kelainan pada mata maka berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan cara persalinan yang lebih aman.
  4. Apabila Anda mengalami kelainan pada mata maka pertimbangkan melakukan persalinan normal. Dalam hal ini sebaiknya Anda memilih persalinan caesar karena lebih aman dan terhindar dari mengejan.
  5. Ablatio retina yang terlanjur terjadi ketika persalinan maka harus segera dilakukan tindakan dan penanganan yang tepat untuk kembali melekatkan retina.
  6. Hindari stres dan perbanyaklah konsumsi makanan yang sehat serta bergizi. Dengan begitu maka hal ini akan membantu menjaga kesehatan mata dan terhindar dari retina pecah.

Demikian beberapa hal dan cara yang bisa Anda lakukan sebagai upaya untuk mencegah retina robek akibat mengejan pada waktu persalinan. Lakukan pemeriksaan mata secara rutin selama menjalani masa kehamilan!

Related Posts

Share This