Mencegah Infeksi Telinga Pada Anak-anak

Menjaga kesehatan anak merupakan salah satu hal yang sangat penting, terutama dalam tahap pertumbuhan. Kesehatan tubuh akan berpengaruh terhadap perkembangan anak baik itu secara fisik atau psikologis. Sebenarnya menjaga kesehatan anak bukanlah perkara yang sulit apabila Anda mengetahui pedoman dan dasar dari kesehatann itu sendiri. Memberikan asupan makanan bergizi lengkap secara rutin dan teratur merupakan salah satu langkah mudah untuk menjaga kesehatan anak.

Selain memberikan asupan makanan yang bergizi, Anda juga diharuskan untuk memeriksa kesehatan anak secara rutin di setiap tahap pertumbuhannya. Hal ini untuk mencegah dan meminimalisir adanya penyakit yang tidak terdeteksi secara kasat mata. Salah satu penyakit ringan yang tidak boleh dianggap sepele pada anak-anak yaitu flu dan pilek. Ketika anak Anda pilek dan hidung tersumbat maka harus segera ditangani karena bisa mengakibatkan infeksi pada telinga.

Mencegah Infeksi Telinga Anak

Ketika pilek, terjadi penumpukan atau penyumbatan cairan pada bagian belakang telinga sehingga hal ini sangat beresiko terjadinya pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi telinga. Kondisi yang semakin parah akibat dari infeksi telinga akan menyebabkan anak kesakitan dan disertai dengan demam.

Berikut Cara Mencegah Infeksi Telinga Pada Bayi

Berikan ASI secara ekslusif

Anak yang diberikan ASI secara ekslusif akan terhindar dari resiko infeksi telinga. Hal ini karena ASI memiliki kandungan nutrisi yang mampu melawan serangan zat asing seperti kuman dan bakteri. Lebih tepatnya ASI memiliki kandungan anti bakteri yang bisa meminimalisir terjadinya infeksi pada telinga anak. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya apabila Anda memberikan ASI untuk bayi minimal selama 6 bulan.

Mengendalikan alergen pada anak

Perlu Anda ketahui bahwa alergen menyebabkan cairan menumpuk pada telinga sehingga menjadi tempat tumbuh bakteri. Nah, untuk mencegah hal tersebut Anda harus mengetahui faktor yang mengakibatkan alergi pada anak. Salah satu contoh yaitu biasanya anak alergi terhadap asap rokok ataupun polusi udara. Selain itu, anak-anak biasanya alergi terhadap makanan tertentu. Untuk menghindari infeksi telinga pada anak, Anda bisa mengendalikan alergen atau mencegah alergi pada anak karena alergi salah satu pemicu hal tersebut.

Penanganan terhadap flu

Seperti yang telah dijelaskan diawal bahwa infeksi pada telinga diakibatkan oleh flu. Pada waktu flu hidung anak akan tersumbat sehingga cairan akan tertahan dan naik ke telinga. Lama kelamaan cairan tersebut akan ditumbuhi bakteri dan mengakibatkan infeksi pada telinga. Anda sebaiknya cepat tanggap ketika anak menderita flu dengan melakukan penanganan dan berkonsultasi dengan dokter apabila kondisi anak terus memburuk. Flu yang segera ditangani akan menghindarkan anak dari kondisi kesehatan yang lebih parah.

Perhatikan situasi sosial anak

Anda juga harus memperhatikan kondisi lingkungan tempat anak bermain. Hindarkan anak Anda dari orang yang sedang sakit flu atau beringus. Virus flu bisa dengan sangat mudah menular melalui udara ataupun bersin dari penderita. Untuk itu sebaiknya Anda tidak membiarkan anak untuk bermain dengan sembarang orang, terutama yang kondisi kesehatannya lagi bermasalah. Hal ini bukan berarti pilih-pilih teman, akan tetapi untuk menghindari kemungkinan buruk yang akan terjadi pada anak Anda.

Menjaga kebersihan hidung dan telinga anak

Kebersihan merupakan salah satu faktor yang sangat berperan penting dalam menunjang kesehatan seseorang. Penting sekali bagi Anda untuk menjaga kebersihan hidung dan telinga anak dengan cara rutin membersihkannya. Kondisi saluran udara yang bersih akan meminimalisir terjadinya infeksi pada saluran telinga akibat adanya penumpukan cairan yang naik karena hidung tersumbat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517